Berita Palembang

Herman Deru Jadi Irup Hardiknas, Ingatkan Guru Harus Up to Date Ikuti Dinamisnya Model Pendidikan

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Herman Deru Jadi Irup Hardiknas, Ingatkan Guru Harus Up to Date Ikuti Dinamisnya Model Pendidikan
Dok. Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2019 di Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Kamis (2/5/2019) pagi. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2019 di Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Kamis (2/5/2019) pagi.

Dalam pidato tertulisnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang dibacakan Gubernur Sumsel H. Herman Deru menegaskan dijadikannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan di Indonesia tidak lain merupakan bentuk penghargaan yang diberikan atas jasa Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara yang lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 silam.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini. Marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif,” ucap Herman Deru.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara pada puncak peringatan  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal  2 Mei 2019 di Provinsi Sumatera Selatan  yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Kamis (2/5/2019) pagi.
Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tertindak sebagai inspektur upacara pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2019 di Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Kamis (2/5/2019) pagi. (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Lebih lanjut dia menegaskan, selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Yusuf Kalla selain fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, irigasi dan bidang energy, dunia pendidikan juga menjadi prioritas pemerintah.

Karena itu Kemendikbud telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal.

Termasuk diantaranya pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negara bagian Malaysia.

“Perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya,” tambahnya.

Lebih lanjut Mendikbud dalam pidato tertulisnya juga menyampaikan apresiasi untuk insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri yang tak lelah memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

“Kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,” ucap Herman Deru.

Usai upacara Herman Deru secara khusus menyampaikan pesan untuk para pendidik di Sumsel. Agar momen Hardiknas dapat menjadi memicu semangat bagi para guru untuk terus meneladani sosok pejuang pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara.

Serta terus meningkatkan kemampuan dalam menididik dengan mengikuti dinamisnya model pendidikan kekinian yang terjadi dibelahan dunia.

“Apa yang telah kita perbuat selama ini lakukan evaluasi. Dengan mengevaluasi apa yang sudah kita perbuat untuk majunya dunia pendidikan di Sumsel. Yang paling penting kita jangan ketinggalan zaman. Jadi kita harus up to date mengikuti dinamisnya model pendidikan ini baik nasional maupun internasional," tandas Herman Deru.

Tampak hadir dalam upacara Hardiknas kali ini Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar, Forkompinda Sumsel, Para Pejabat Lingkungan Pemprov Sumsel, Para Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-Siswi. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Penampilan Marcing Band SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Palembang. (REL)

===

Terkenal dengan Peran Bodohnya, 5 Artis Ini Ternyata Punya Otak yang Cerdas, No 4 Seorang Dokter!

Ngaku Kaya, Rosa Meldianti Ungkit Utang 200 Juta, Fakta Sang Manager Malah Berbanding Terbalik!

Bukan Takut, Ini Alasan Nikita Mirzani tak Mau Pamer Foto Anaknya, Terungkap Mirip 3 Pria Sekaligus?

Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved