Berita Palembang

Aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas), Cara Bayar Pajak Kendaraan Luar Kota Bisa Via Handphone

Cukup melalui handphone dan santai di rumah, para WP sudah bisa melunasi pajaknya melalui aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas).

Aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas), Cara Bayar Pajak Kendaraan Luar Kota Bisa Via Handphone
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Neng Muhaiba menunjukkan aplikasi E-Dempo yang memudahkan WP membayar pajak, Rabu (10/4/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Para Wajib Pajak (WP) kini tak perlu lagi khawatir jika akan membayar pajak kendaraannya di luar daerah tempatnya tinggal.

Cukup melalui handphone dan santai di rumah, para WP sudah bisa melunasi pajaknya melalui aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, Neng Muhaiba mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Korlantas melalui aplikasi E-Samonas untuk wajib pajak dapat membayarkan kendaraan dengan plat polisi se-indonesia.

"Jadi misal pajak kendaraan kita di Jakarta, tetapi tinggal di Palembang tidak perlu lagu langsung ke Jakarta. Cukup via handphone sudah bisa bayar pajak," ujarnya, Rabu (10/4/2019).

Kasus JusticeforAudrey Viral, Ifan Seventeen Geram Hingga Jenguk ke Pontianak, Janji Bakal Begini!

Kadiskominfo Banyuasin Jadi Pemateri Program Smart City untuk Rakyat di Kota Lubuklinggau

Tak Disangka! Ternyata Ini 8 Kelakuan Syahrini Waktu Masih Gadis Hingga Dinikahi Oleh Reino Barack

Adapun cara pembayarannya melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore tersebut, WP cukup membayar dengan kode bayar yang tertera dan memilih bank mana akan membayar.

Kemudian akan keluar STNK online sementara yang dapat berlaku selama satu bulan selama STNK asli belum dikirim.

Untuk pembayaran pajak melaui E-Samonas sendiri hanya bisa berlaku apabila ada tunggakan hitungan bulan, namun untuk tunggakan tahunan WP tetap harus bayar ke Samsat sesuai plat kendaraan.

"Proses bayarnya juga cepat, nah nanti STNK akan diantarkan via pos tanpa dipungut biaya lain. Kalau kena tilang saat STNK belum jadi, bisa tunjukkan STNK online yang berlaku selama satu bulan," ungkap Neng.

Deretan Artis yang Pernikahannya Gemparkan Like Tertinggi Dunia Maya, No 2 Bikin Patah Hati Netter!

Video Dua Menteri Canangkan Pembangunan Tol Muaraenim-Lahat-Lubuk Linggau

Film Kickboxer: Vengeance, Kamis 11 April 2019 di Trans TV 21.30 WIB Beserta Live Streaming

Tak hanya membayar pajak lintas provinsi, Bapenda Sumsel juga bakal meluncurkan Samsat online E-Dempo yang berlaku untuk regional provinsi Sumsel. Untuk E-Dempo, para WP bahkan bisa memilih dimana lokasi ia akan mencetak STNK.

"Misal saat kita akan membayar pajak Plat Palembang tetapi sedang berada di Sekayu, asal sudah bayar via online bisa cetak langsung di Sekayu," katanya.

Untuk kedua aplikasi tersebut saat ini masih sedang dalam tahap penyempurnaan dan kerjasama dengan pihak bank. Usai Pilpres aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh para WP.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved