Berita Palembang

Tak Hanya Pagaralam, 4 Daerah di Sumsel Ini Berpotensi Terkena Banjir Bandang & Longsor

Pasca putusnya jalan Pagaralam- Lahat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel meminta warga untuk mewaspadai

Tak Hanya Pagaralam, 4 Daerah di Sumsel Ini Berpotensi Terkena Banjir Bandang & Longsor
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Evakuasi korban tertimbun longsor di Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (1/1/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pasca putusnya jalan Pagaralam- Lahat,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel meminta warga untuk mewaspadai sejumlah wilayah dataran tinggi Sumsel di musim hujan yang rentan terjadi susulan bencana tanah longsor. 

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumsel, Ansori mengatakan empat daerah berpotensi tinggi akan terkena dampak tanah longsor dan banjir bandang yakni Empat Lawang, OKU Selatan, Lahat, dan Muara Enim. 

"Semua dataran tinggi jadi perhatian kita. Tetapi di musim hujan ini kita sangat mewaspadai OKUS yang rentan terkena bencana longsor," ujarnya,  Minggu (3/2/2019).

Alex Noerdin Hadiri Rapat Konsolidasi Nasional Jenggala Center di Jakarta

Borong 6 Medali Emas Kejurnas, Dispopar Muba Langsung Jaring 105 Atlet PPLP Pencak Silat 2019

DPC PDIP Muba, Siap Menangkan Pileg dan Pilpres 2019

Ia menjelaskan,  diwasdapadainya kabupaten OKUS terkena bencana longsor lantaran kontur tanahnya labil. Dengan kondisi curah hujan yang deras dikhawatirkan dapat bergeraknya material sehingga bakal terjadi longsor. 

Meski demikian,  Ansori mengaku pihaknya belum menetapkan provinsi Sumsel ke dalam status siaga bencana. Untuk menetapkan terjadi siaga bencana, minimal dua kabupaten/kota di Sumsel telah menyingkat statusnya menjadi siaga dan ada imbauan dar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tentang adanya peningkatan bencana. 

"Kontur tanah OKUS itu labil jadi rentan terkena longsor. Untuk saat ini status Sumsel juga masih biasa saja, belum ditetapkan sebagai siaga bencana," jelasnya. 

Yakin Bisa Menang, Ini Dua Jurus Tim Jokowi Maruf di Palembang Demi Menang Pilpres 2019

ABK Momentum X Hilang, Pencarian oleh Basarnaz Terkendala Cuaca

Prestasinya Dibandingkan dengan Anak Prabowo, Kaesang Pangarep Blak-blakan Ungkap Siapa Dirinya

Selain daerah dataran tinggi, BPBD juga mewanti-wanti daerah dataran rendah yang rentan bencana banjir dan angin puting beliung. Sebab, pada saat masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan potensi angin puting beliung akan lebih tinggi.

Tak hanya daerah terbuka, daerah padat seperti Palembang pun kemungkinan juga akan terkena dampaknya, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

"Daerah seperti Palembang, OI, dan Muba itu rentan terkena banjir pasang surur. Tetapi juga tak menutup kemungkinan angin puting beliung," katanya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved