Tiket Pesawat Naik Kota Palembang Terancam Sepi, Pengamat Ekonomi: Pelancong akan Berpikir Ulang

Apabila tiket pesawat naik dan tidak turun akan merugikan para pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena para pelancong berfikir ulang

Tiket Pesawat Naik Kota Palembang Terancam Sepi, Pengamat Ekonomi: Pelancong akan Berpikir Ulang
http://www.tribunnews.com/
Ilustrasi - Tiket Pesawat. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Penerapan biaya tambahan bagasi dan harga tiket yang naik membuat beberapa ekonomi kerakyatan yang ada di Kota Palembang terancam sepi.

Pasalnya, faktor itu memang berdampak pada dunia usaha yang ada.

Pengamat ekonomi Yan Sulistyo mengatakan, apabila tiket pesawat naik dan tidak turun akan merugikan kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena para pelancong akan berfikir ulang untuk berpergian.

Kota Palembang Raih Adipura ke 12, Walikota H Harnojoyo : Prestasi Ini Hasil Gotong Royong

Lahan Sawah dan Perkebunan di OKU Timur Terendam Banjir, Petani Was-was Takut Gagal Panen

Pemilik Ruko di Jalan Jenderal Sudirman Diberi Peringatan, Petugas Tindak Tegas Jika Tetap Melanggar

“UMKM tentunya berdampak besar karena sepi dari pengunjung yang datang, apalagi dunia pariwisata berpengaruh besar kepada pendapatan dan saat ini pesawat memang transportasi yang cepat,” jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

Apabila harga tiket pesawat mahal dan murah menjadi alasan tentang keamanan ia tidak begitu sependapat, karena tarif tiket itu sendiri berdasarkan kelas masing-masing tiket. Seperti, kelas ekonmi, bisnis dan executive dan keamanan itu berdasarkan faktor mesin, manusia dan cuaca.

“Keamanan itu karena mesin, manusia dan cuaca. Banyak diluar Negeri tiket pesawat yang murah dan itu bukan sebuah alasan,” ujarnya.

BREAKING NEWS : Larangan Parkir di Jalan Sudirman Kembali Diprotes, Suasana Penertiban Tampak Tegang

Pemilik Ruko Minta Pedestrian Sudirman Palembang Dibongkar, Agar Lahan Bisa Lebih Bermanfaat

Komisioner KPU OKU Timur Minta Kritikan dari Bawaslu Jika Ada Kekeliruan Dalam Bertugas

Lanjutnya lagi, apabila harga tiket pesawat tidak turun maka akan berpengaruh pada devisa Negara. Karena perputaran ekonomi saat ini bukan hanya dari satu kota tetapi antar kota dan saling bersinergi dalam dunia bisnis.

“Ekonomi bukan hanya di dalam kota saja, apabila tiket tidak turun devisa negara juga akan turun,” jelasnya.

Lebih dalam ia sangat tidak setuju apabila  ada biaya tambahan untuk bagasi pesawat. Karena tanpa adanya biaya tambahan maskapai tetap mendapat keuntungan dari tiket dan juga masih banyak penumpang yang membawa bawaan lebih dari 20 kilogram menggunakan bagasi dengan bayar.

“Biaya bagasi itu menjadi beban karena masyarakat aru bayar dua kali, lah padahal maskapai masih ada untung. Kita berharap kedua itu bisa dibenahi karena apabila terus menerus masyaakat dan Negara akan mengalami kerugian,” ujarnya.

===

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved