Kota Palembang Raih Adipura ke 12, Walikota H Harnojoyo : Prestasi Ini Hasil Gotong Royong

Walikota Palembang H Harnojoyo usai menerima Adipura yang diserahkan Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla, Senin (14/1/2019), di Gedung Manggala Wanabakti,

Kota Palembang Raih Adipura ke 12, Walikota H Harnojoyo : Prestasi Ini Hasil Gotong Royong
HUMAS Pemkot Palembang
Walikota Palembang H Harnojoyo menerima Adipura yang diserahkan Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla, Senin (14/1/2019), di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Keberhasilan Kota Palembang meraih Adipura untuk ke-12 kalinya kategori kota metropolitan, merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak dalam menjaga kebersihan.

Adipura ini juga menjadi bukti keberhasilan program gotong royong yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat.

Demikian diutarakan Walikota Palembang H Harnojoyo usai menerima Adipura yang diserahkan Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla, Senin (14/1/2019), di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Penghargaan bukan merupakan tujuan utama, namun bagaimana meningkatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama turut menjaga kebersihan lingkungan. Cukup dengan membersihkan lingkungan masing-masing," ujar H Harnojoyo.

Pemilik Ruko di Jalan Jenderal Sudirman Diberi Peringatan, Petugas Tindak Tegas Jika Tetap Melanggar

BREAKING NEWS : Larangan Parkir di Jalan Sudirman Kembali Diprotes, Suasana Penertiban Tampak Tegang

Komisioner KPU OKU Timur Minta Kritikan dari Bawaslu Jika Ada Kekeliruan Dalam Bertugas

Dijelaskannya, pelaksanaan program gotong royong yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat, telah menjadi gerakan moral untuk menumbuhkan kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Semangat dan jiwa hidup bersih harus selalu diamalkan serta disebarkan kepada seluruh masyarakat.

"Gotong royong dimaksudkan untuk merubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Mari bersama-sama kita berupaya untuk meningkatkan prestasi ini menjadi Adipura Kencana," imbuhnya.

Program Adipura adalah program nasional untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha, dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan).

Program ini menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance).

Punti Kayu Aset Lokal yang Terabaikan

Gubernur Sumsel Pastikan Hari Ini PT SOM dan Tokoh Sepakbola Sumsel Putuskan Nasib Sriwijaya FC

Sepakat, Mulai Hari Ini Semua Maskapai Turunkan Harga Tiket Pesawat Tujuan Domestik

Prinsip utama penerapan Adipura adalah pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku.

Selain itu, terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi. Serta penuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang.

Di awal Tahun 2019 ini, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan.

Dengan rincian 1 Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota. Kota Palembang meraih Adipura kategori Kota Metropolitan bersama dengan Kota Tangerang.

===

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved