Berita Lahat

Sudah Disediakan TPS Tapi Masih Buang Sampah Diluar, Pemkab Lahat Sayangkan Prilaku Masyarakat

Lantaran menjadi sasaran lokasi tempat membuang sampah, membuat sebagian warga berinisiatif memasang spanduk di Jalan Beringin Blok C

Sudah Disediakan TPS Tapi Masih Buang Sampah Diluar, Pemkab Lahat Sayangkan Prilaku Masyarakat
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Spanduk bertuliskan 'Ya Allah cabutla nyawa manusia yang membuang sampah disini. Mereka itu manusia da'jal tidak selamat tujuh turunan' untuk mencegah warga membuang sampah kembali. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT -- Lantaran menjadi sasaran lokasi tempat membuang sampah, membuat sebagian warga berinisiatif memasang spanduk di Jalan Beringin Blok C Ujung Kelurahan Bandar Jaya Kabupaten Lahat tepatnya tak jauh dari Perumahan Griya Rafika.

Tulisan Dalam spanduk itu pun berbunyi 'Ya Allah cabutla nyawa manusia yang membuang sampah disini. Mereka itu manusia da'jal tidak selamat tujuh turunan'.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten lahat, Ir Misri melalui Kabid Pengelolaan sampah dan limbah Budi Utama. S.IP mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menyayangkan prilaku masyarakat sekitar padahal sudah dipasang Tempat pembuangan Sementara (TPS)

Ia mengatakan, DLH sendiri manyayangkan lokasi tersebut menjadi pembuangan sampah.

Lantaran menurut Budi, pihaknya sendiri sudah lama meletakkan TPS ukuran satu kubik. Namun, oknum masyarakat tidak membuang sampah di dalam tempat sampah sementara tersebut secara benar, tapi diluar TPS hingga sampahnya memnuhi badan jalan.

"Kita tidak menyuruh warga buang disana, namun karena selama ini sudah menumpuk makanya kita fasilitasi bak sampah jika penuh kita angkut. Tapi oknum warga membuang diluar TPS sehingga sampah berserakan," terangnya.

Pasukan Kebersihan DLH Lahat sendiri, secara berkala mengangkut tidak hanya sampah rumah tangga tetapi juga tebangan pohon dan sampah sampah lain yang tidak semestinya di buang disitu.

Terkait di wilayah pemukiman perumahan yang tak jauh dari lokasi, Budi berharap ada tanggungjawab pengembang untuk menyediakan bak sampah.

"Kami menghimbau masyarakat mari kita jaga bersama kebersihan lingkungan kita. Sarana angkutan sampah terbatas. Kalau desa ada dana desa dapat menganggarkan bentor. Angkut sampah warga buang di TPS yang sudah disediakan. Ayo kita sama sama bersinergi," kata Budi.

Baca: Puluhan Pegawai di Lingkungan Pemkab Lahat Berada di Mal Saat Jam Kerja

Baca: Geram! Warga Tulis Minta Cabut Nyawa Untuk Pembuang Sampah Sembarangan di Lahat

Baca: Beredar Surat Plt Sekda Lahat Bakal Dicopot, Ini Calon Nama Penggantinya!

Baca: Dihantam Hujan Deras, Jembatan Sari Bungamas Putus, Puluhan KK Warga SP6 Lahat Teresolir

Baca: Jembatan Endikat Pagaralam-Lahat Diperbaiki Juli Mendatang, Ternyata Ini Alasannya!

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved