Kemenag Sumsel Masih Tunggu Biaya Haji Embarkasi Palembang

Kakanwil Kemenag Sumsel Al Fajri melalui Kabag Humas Kemenag Sumsel Saefuddin Latief mengatakan, BPIH sudah dikeluarkan pusat.

Kemenag Sumsel Masih Tunggu Biaya Haji Embarkasi Palembang
www.celikalquran.com
Haji Mabrur. 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post Yandi Triansyah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - - Pemerintah dan Komisi VIII DPR RI menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1429H/2018M sebesar Rp35.235.602 juta atau ada kenaikan sebesar 0,9 persen  dari rata-rata besaran BPIH tahun lalu, yaitu Rp34,89 juta. 

Kakanwil Kemenag Sumsel Al Fajri melalui Kabag Humas Kemenag Sumsel Saefuddin Latief mengatakan,  BPIH sudah dikeluarkan pusat. 

Di daerah kata dia,  tak lama lagi biaya BPIH di daerah bakal keluar. 

"Kita tinggal menunggu BPIH daerah,  biasanya tak lama dari biaya yang ditentukan oleh pemerintah, "katanya,  Selasa (13/3/2018) saat dihubungi. 

Menurut dia,  biaya tergantung dari embarkasi.  Sedangkan Sumsel termasuk dalam embarkasi Palembang. 

" Biasanya Aceh termurah dan wilayah Indonesia bagian timur yang paling mahal, "katanya.  

Saefuddin menjelaskan,  ada tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan biaya operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini di banding tahun 2017.

 Pertama, adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pemberlakuan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 5 persen  untuk semua barang dan jasa yang dikonsumsi dan dipergunakan di Arab Saudi.

 Kedua, kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik di Arab Saudi serta trend kenaikan harga avtur. Ketiga, perubanan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika dan Saudi Riyal.

Halaman
12
Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved