Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Ini Rawan Naik

Harga bahan pokok jelang Ramadhan kerap merangkak naik. Penyebabnya beragam, mulai dari terbatasnya ketersediaan barang hingga distribusi yang terlamb

SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Ilustrasi. Petugas Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam melakukan Sidak harga Sembako ke sejumlah toko Sembako di pasar tradisional, Kamis (4/6/2015). 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Harga bahan pokok jelang Ramadhan kerap merangkak naik. Penyebabnya beragam, mulai dari terbatasnya ketersediaan barang hingga distribusi yang terlambat karena berbagai faktor.

Berita Lainnya:  Sumbangan Masyarakat dan Anggota Dijadikan Sembako untuk Penarik Becak

Tahun ini, pemerintah meyakini ketersediaan bahan pokok lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyakarat selama Ramadhan. Namun, situasi kenaikan harga bisa saja kembali terjadi.

Berbagai bahan pokok yang menjadi fokus pemerintah di antaranya beras, daging sapi, telur, gula, dan minyak goreng.

"Dicek juga mengenai perkembangan harganya, dan ketertarikannya," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai rapat koordinasi terkait pangan jepang Ramadhan di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Meski sebagian harga bahan pokok itu sedang mengalami penurunan, namun potensi kenaikkan harga tetap ada.

Menurut Mendag, ada keterlambatan distribusi bahan pokok ke berbagai daerah. Hal ini diwaspadai pemerintah akan membuat harga bahan pokok merangkak naik bila tidak ada langkah cepat.

Hari ini, Mendag mengaku akan mengumpulkan semua distributor bahan pojok tersebut. Diharapkan dengan begitu masalah distribusi bisa segera diselesaikan.

Penulis: Yoga Sukmana

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved