Ulak Lia, Danau Penuh Cerita Nan Eksotis

Destinasi wisata satu ini merupakan sebuah danau yang berada di Desa Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Sumatera Selatan.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Ahmad Sadam Husen
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Danau Ulak Lia. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Tidak hanya terkenal dengan makanan khasnya seperti ikan salai dan pindang, di Bumi Serasan Sekate juga terdapat tempat yang sangat luar biasa seperti beberapa cagar budaya yang ada di Indonesia. Ada sebuah danau yang bisa menghipnotis pengunjung dengan keasriannya sehingga para wisatawan yang datang tak akan bosan mengunjungi danau tersebut.

Ya, Danau Ulak Lia namanya. Destinasi wisata satu ini merupakan sebuah danau yang berada di Desa Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Sumatera Selatan, dan hanya memiliki luas sekitar 15 hektar.

Menurut masyarakat sekitar, Ulak Lia memiliki arti yang berbeda. Ulak berarti pusaran air, sedangkan Lia merupakan anak gadis yang meninggal dalam pusaran air danau tersebut. Akan tetapi, pusaran air yang dimaksud tidak pernah ditemukan.

danau ulak lia 2

Secara umum, topografi di sebagian besar wilayah danau ini merupakan dataran rendah yang tergenang air pasang. Objek wisata ini memiliki daya tarik berupa bentukkan danau yang nampak seperti tapal kuda. Namun, keunikan danau ini hanya dapat dilihat pada waktu tertentu karena sangat tergantung pada hidrologi di wilayah tersebut.

Berkat keunikan dan keindahan perairannya, danau ini menjadi salah satu incaran wisatawan saat berlibur. Ditempat ini terdapat beberapa pondokan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bersantai. Berlibur bersama keluarga dan teman sambil menikmati keindahan alam di lokasi ini bisa membuat pikiran lebih fresh saat akan mulai melakukan kembali aktivitas sehari-hari.

danau ulak lia 3

Untuk mencapai lokasi cukup mudah. Perjalanan bisa ditempuh dengan menyeberangi Sungai Musi selama lebih kurang 20 menit. Penyeberangan ini menggunakan perahu ketek yang siap mengantar pengunjung kemana saja, dan jika menggunakan kendaraan pribadi, memakan waktu sekitar 15 menit. Pada umumnya, Danau Ulak Lia ramai dikunjungi oleh siswa sekolah setelah melakukan ujian dan libur panjang.

Danau ini sendiri memiliki banyak biota laut didalamnya, seperti Ikan Lais, Ikan Patin, dan Ikan Seluang. Bahkan apabila setelah hujan kondisi danau ini nampak makin fantastis, karena air hujan yang menghiasi dedaunan mengeluarkan cahaya-cahaya kecil yang semakin menambah keindahan di lokasi ini. Keindahannya tidak hanya disitu saja, pada pagi hari, sunset akan tampak jelas dari pepohonan karet dan menyinari danau yang jernih ini.

Tertarik untuk mengunjunginya, ayo ajak keluarga anda berkunjung ke Sekayu !

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved