Ramadan 1437 H

XL Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Ramadan dan Libur Panjang Lebaran

Benny memprediksi kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data, yang mencapai 30-40 persen.

XL Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Ramadan dan Libur Panjang Lebaran
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
GM Sales Operations XL Sumbagsel, Sondang Benny Damora (kanan) aat memberikan sejumlah bantuan pada anak yatim dalam acara buka puasa bersama anak yatim, karyawan XL dan para awak media, di Kantor XL di Jalan Angkatan 45 Palembang, Rabu (22/6/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- PT XL Axiata Tbk (XL) telah siap menghadapi kemungkinan lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data saat masuk bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran.

GM Sales Operations XL Sumbagsel, Sondang Benny Damora mengatakan, selain meningkatkan kapasitas jaringan, XL juga menerapkan pengelolaan jaringan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan sehingga semakin memudahkan dalam mengatur kemampuan jaringan menyesuaikan dengan kondisi trafik yang ada di suatu wilayah.

“Kami memang secara khusus mempersiapkan jaringan dan hal terkait lainnya dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran yang diikuti oleh masa pulang kampung dan libur panjang di berbagai daerah. Meski ini adalah rutinitas setiap tahun, namun ini adalah masa yang krusial di mana puluhan juta pelanggan sangat membutuhkan koneksi dengan kualitas terbaik,” tuturnya, Rabu (22/6/2016)

Ditemui dalam acara buka puasa bersama anak yatim, karyawan XL dan para awak media, di Kantor XL Kawasan Angkatan 45 Palembang, Benny menambahkan, ia memprediksi kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data, yang mencapai 30-40 persen.

"Sedangkan untuk trafik layanan percakapan dan SMS cenderung stabil, meski tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kenaikan antara 5-15 persen, dibandingkan kondisi trafik pada hari biasa. Trafik penggunaan layanan akan mengalami kenaikan karena diperkirakan pelanggan akan lebih aktif menggunakan semua layanan saat Ramadan dan libur panjang Lebaran," jelas Benny.

Ditambahnya, guna mengantisipasi masa-masa krusial tersebut, sejumlah langkah persiapan telah XL laksanakan. Beberapa diantaranya, memperbesar kapasitas jaringan. Kapasitas jaringan XL ditingkatkan hingga 2-3x dari kapasitas sehari-hari.

"Kita juga siapkan mobile BTS khususnya di jalur mudik seperti di Pelabuhan Bakauheni & Pelabuhan Tanjung Api Api. Dan ketiga, menerapkan teknologi NFV (Network Functions Virtualization). Dengan teknologi jaringan terbaru ini, XL bisa secara mudah dan cepat mengatur kapasitas jaringan disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi-lokasi tertentu," tambahnya.

Teknologi ini, lanjut Benny memungkinkan XL untuk menambah atau pun mengurangi kapasitas jaringan secara cepat. Secara fleksibel XL akan segera bisa menyediakan kapasitas jaringan yang dibutuhkan di lokasi-lokasi yang membutuhkan penambahan kapasitas. Dengan sejumlah persiapan tersebut, diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kepadatan jaringan di suatu lokasi yang bisa menganggu kualitas layanan.

"Selain itu XL juga mengadopsi teknologi paling mutakhir dalam meningkatkan kinerja jaringan telekomunikasi dan data dengan sistem monitoring “FIMO” (Fiber Optic Monitoring) terhadap jaringan Fiber Optic (FO) yang menjadi tulang punggung jaringan XL, Sistem ini mampu mendeteksi secara akurat titik di mana terjadi penurunan kualitas FO tanpa menunggu sampai putus, sehingga layanan kepada pelanggan tetap terjaga dengan baik." jelas pria berkacamata ini.

Saat ini jaringan XL di wilayah Sumatera Selatan diperkuat dengan lebih dari 1.500 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G), dengan backup permanent genset di sebagian besar BTS, diperkuat dengan team cluster engineer dan team fiber optic yang aktif 24 jam, yang siap melayani lonjakan liburan lebaran 2016.

Toko pulsa dan waralaba yang tersebar di Sumatera Selatan juga menyediakan penjualan pulsa dan paket internet, sehingga pelanggan dengan mudah mendapatkan produk XL. Pelanggan yang menginginkan kepraktisan juga bisa mengaktifkan XL Tunai, layanan uang elektronik dari XL yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponselnya.

"Untuk mengetahui informasi dan bertransaksi menggunakan XL Tunai cukup tekan *123*120# dari ponsel dan satu lagi aplikasi wajib saat liburan adalah MyXL, Aplikasi ini merupakan aplikasi self-care untuk pelanggan XL, yang memungkinkan pelanggan melihat langsung aktivitas seputar penggunaan kartu XLnya. Mulai dari cek pulsa, cek kuota paket internet, masa berlaku paket, masa aktif kartu, beli pulsa, beli paket dan banyak informasi lainnya tanpa repot harus dengan cara ketik manual," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved