Teknologi dan Gadget

Tiga Chipset Exynos Baru disiapkan Samsung Untuk Tahun Depan

Sebuah pemberitaan baru-baru ini mengatakan kalau Samsung sedang mempersiapkan tiga seri chipset Exynos untuk digunakan pada jajaran smartphonenya tah

SRIPOKU.COM - Sebuah pemberitaan baru-baru ini mengatakan kalau Samsung sedang mempersiapkan tiga seri chipset Exynos untuk digunakan pada jajaran smartphonenya tahun 2016 mendatang. Ketiganya adalah Exynos 8890, Exynos 7422, dan Exynos 7880.

Exynos 8890 yang dikenal juga dengan nama sandi Mongoose M1 akan menjadi chipset flagship dan dipersiapkan untuk menjadi otak Galaxy S7. Namun di beberapa device masih menggunakan Snapdragon 820 seperti pada beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Tiongkok. Exynos 8890 dikatakan bisa diajak ngebut hingga 2,3GHz dan Samsung akan menggunakan custom cores yang berbeda dari standar cores ARM. Penggunaan custom cores ini dipercaya bisa meningkatkan kemampuan dan performa dari prosesor seperti yang berhasil dilakukan Apple dengan prosesor seri A dan Qualcomm dengan Kraitnya.

Samsung Exynos 8890 akan diproduksi menggunakan proses 14nm FinFET dan siap rilis pada kuarter kedua tahun depan.

Dua chipset lainnya adalah Exynos 7422 dan Exynos 7880. Keduanya menggunakan arsitektur bawaan ARM big.LITTLE dengan quad core Cortex-A72 di sisi high-end dan Cortex-A53 di sisi low end. Dua chipset ini baru akan meluncur pada pertengahan kedua tahun depan. Samsung diperkirakan mempersiapkan keduanya untuk jajaran Galaxy A di kelas menengah.

Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved