Berita Empatlawang

Berdasarkan Data Penerima PKH, Jumlah Masyarakat Miskin di Empatlawang Mengalami Penurunan

Dinas Sosial Kabupaten Empatlawang mencatat jumlah masyarakat miskin berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH) mengalami penurunan.

Berdasarkan Data Penerima PKH, Jumlah Masyarakat Miskin di Empatlawang Mengalami Penurunan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak warga Muaraenim mengantre mengambil bantuan PKH di salah satu BRI dalam kota Muaraenim, Selasa (13/3). 

Laporan wartawan Sripoku.com, A Wijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG -- Dinas Sosial Kabupaten Empatlawang mencatat jumlah masyarakat miskin berdasarkan data Program Keluarga Harapan (PKH) mengalami penurunan.

Menurunnya jumlah masyarakat miskin tersebut dipengaruhi oleh berbagai komponen yang menjadi standar Dinas Sosial.

Plt. Kepala Dinas Sosial Fafif Fortuna didampingi Kabid Perlindungan dan Penjaminan Sosial Titin Sudarsih, Kamis (8/11/2018) menjelaskan, setiap masyarakat yang sebelumnya terdata sebagai kategori masyakat miskin dan pada saat dinilai kembali per tiga bulan sudah dianggap mampu terutama dari segi pendapatan atau ekonomi maka akan dikeluarkan dari kategori miskin.

Baca: Lengan Kiri Sutarmen Nyaris Putus Dibacok Tetangganya ketika Keluar dari Puskesmas

Menurut Titin selain kriteria di atas juga masih ada komponen lain yang menjadi acuan Dinas Sosial untuk mengeluarkan masyarakat dari kategori miskin yaitu apabila di keluarga tersebut tidak memiliki lagi balita atau anak sekolah,dan penyandang disabilitas serta orang tua (manula) yang masih menjadi tanggung jawab keluarga.

"Bagi peserta yang komponennya sudah dianggap seperti tidak ada lagi anak balita dan anak sekolah, anggota keluarga yang mengalami disabiltas serta orang tua yang ikut keluarga tersebut, walaupun dianggap miskin namun dikeluarakan dari PKH tetapi masih akan tetap mendapatkan bantuan diluar PKH seperti Bantuan Kartu Keluarga Sejahter (KKS),"katanya.

Baca: Bupati Joncik Muhamad Dukung Penuh Pengembangan Pariwisata di Empatlawang

Pada tahap tiga yaitu bulan Juli hingga September jumlah masyarakat miskin berdasarkan data PKH berjumlah 7.294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sedang di tahap empat yaitu bulan Oktober sampai sekarang menurun menjadi 7.164 KPM.

Untuk jumlah keseluruhan Keluarga Penerima Manfaat di Kabupaten Empatlawang yaitu Kecamatan Lintang Kanan berjumlah 1.181 KPM, Kecamatan Muarapinang 1.056 KPM, Kecamatan Sikapdalam 300 KPM, Kecamatan Ulumusi 510 KPM, Kecamatan Talangpadang 443, Kecamatan Tebingtinggi 1.268, Kecamatan Saling 453, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) 628, Kecamtan Pendopo 1.087, dan kecamatan pendopo Barat 368 dengan total keseluruhan 7.294 KPM.

Baca: Mengaku Terdesak Utang, Pria Ini Nekat Masuk Rumah Tetangga & Curi Emas

Sedangkan, di tahap empat ini lanjut Titin Kecamatan Lintangkanan 1.163, Kecamatan Muarapinang 1.041, Kecamatan Sikapdalam 288, Kecamatan Ulu Musi 508, Kecamatan Talang Padang 442, Kecamtatan Tebingtinggi 1.232, Kecamatan Saling 450, Kecamatan Pasemahair Keruh 628, Kecamatan Pendopo 1.058 dan kecamatan Pendopo Barat 354 KPM menurun 130 KPM dan akan bisa terus menurun.

Penulis: Awijaya
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved