Berita Pagaralam

Berita Pagaralam: Dapat Piagam Opini WTP, Walikota Pagaralam Merasa Durian Runtuh

Penghargaan tersebut didapat atas keberhasilan dalam laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Pagaralam Tahun 2017

Berita Pagaralam: Dapat Piagam Opini WTP, Walikota Pagaralam Merasa Durian Runtuh
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni (kanan) menerima piagam Opini WTP dari Kementerian Keuangan yang diserahkan oleh KPPN Lahat, Senin (22/10/2018). 

Berita Pagaralam: Dapat Piagam Opini WTP, Walikota Pagaralam Merasa Durian Runtuh

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Berhasil dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan anggaran tahun 2017 dengan capaian standar tertinggi pelaporan keuangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam untuk ke empat kalinya kembali mendapatkan penghargaan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) berupa piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pantauan Sripoku.com, Senin (22/10/2018) menyebutkan, piagam penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lahat Ahmad Fauzi Kepada Walikota Pagaralam Alpian Maskoni Diruang Rapat Besemah III Setdako Kota Pagaralam.

Baca: Kepoin Pesan WhatsApp Pacarmu Pakai Gmail, Begini Caranya! Bisa Pantau Pasangan Selama 24 Jam

Baca: BREAKING NEWS: Kabar Duka, Artis Senior Titi Qadarsih Meninggal Dunia di Umur 73 Tahun

Baca: Biasa Tebar Pesona, Cuma dengan Bintang Tamu Ini Ayu Ting Ting Dibuat Minder di Depan Ivan Gunawan

Penghargaan tersebut didapat atas keberhasilan dalam laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Pagaralam Tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, beberapa waktu lalu.

Opini WTP tetsebut merupakan pernyataan profesional dari BPK RI mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, yang didasari ada empat kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, bahwa ini merupakan prestasi pemkot Pagaralam sehingga wajar untuk di apresiasi. Pasalnya menurutnya dirinya mendapat durian runtuh karena ini merupakan hasil dari Walikota Sebelumnya yakni Hj Ida Fitriati.

Baca: Berita Palembang: Ribuan Pelamar Ikuti Seleksi Awal Penerimaan CPNS 2018 Kemenkumham di PSCC

Baca: Berita Ogan Ilir: Tol Palembang-Indralaya Makan Korban. Sopir dan Kernet Tewas Mengenaskan di Km 17

"Atas nama pribadi dan Pemkot Pagaralam saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi buat Wako sebelumnya yaitu Ibu Hj Fitriati karena 2017 beliu merupakan Walikota Pagaralam," ujarnya.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni (tengah) menerima piagam Opini WTP dari Kementerian Keuangan yang diserahkan oleh KPPN Lahat, Senin (22/10/2018).
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni (tengah) menerima piagam Opini WTP dari Kementerian Keuangan yang diserahkan oleh KPPN Lahat, Senin (22/10/2018). (SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN)

Namun penghargaan ini akan menjadi beban untuk dirinya selaku Walikota saat ini. Namun pihaknya optimis akan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang didapat tetsebut.

"Namun ini sudah menjadi kewajiban bagi Pemkot Pagaralam kedepan untuk memperbaiki poin-poin penting yang dinilai perlu diperbaiki, agar kita bisa mendapat nilai yang lebih baik lagi," harapnya.

Kepala KPPN Lahat, Ahmad Fauzi mengatakan, KPPN Lahat hanya menyerahkan piagam tersebut.

Pasalnya yang menilai yaitu pihak Kementrian Keuangan sedangkan yang melakukan audit yaitu pihak BPK.

"Kita hanya menyerahkan saja. Namun untuk penilaian dan hasil audit dilakukan oleh BPK dan Kementrian Keuangan RI," katanya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved