Berita OKU Selatan

Mengungkap Sejarah Penemuan Candi Kebayan Oku Selatan! Usianya Setua Borobudur dan Prambanan

beberapa tahun lalu pernah diteliti tim arkeolog dari Jambi, mereka menuturkan kalau usia batu candi seusia denga candi Prambanan dan Burobudur.

Mengungkap Sejarah Penemuan Candi Kebayan Oku Selatan! Usianya Setua Borobudur dan Prambanan
SRIPOKU COM/ ALAN NOPRIANSYAH
Candi Kebayan : Candi Kebayan yang berada di Desa Jepara Kecamatan BPRRT Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Selasa (11/9/2018) 

Laporan Wartawan Sripoku.com ALAN NOPRIANSYAH

SRIPOKU.COM, MUARADUA--Siapa sangka aset bersejarah situs cagar budaya berupa bangunan Candi Kebayan yang berada di Desa Jepara Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, memiliki usia batu bangunan candi seusia dengan Candi Burobudor dan Candi Prambanan.

Disambangi Sripoku.com, Selasa (11/9/2018).

Candi yang telah lama berada di Desa Tepian Puncak Bukit Danau Ranau Desa Jepara di tengah perkebunan warga itu dengan kondisi tidak terawat tanpa adanya pagar pembatas dan tidak beratap mengakibatkan batu candi berlumut tanpa sentuhan dari pemerintah terkait.

Candi yang memiliki kaitan sejarah dengan kerajaan Sriwijaya tersebut, masih tenjaga keaslian bentuk batu Candi yang dengan beragam potongan batu yang diukir berbentuk kotak menyerupai peti dan bentuk pahatan berupa lubang berkotak pada batu candi Yng berukuran 5 hinga 15 cm.

Pemuda adat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Hendra Fatinama, mengharapkan adanya pembugaran dengan untuk menjadi salah satu Icon Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Candi Kebayan : Candi Kebayan yang berada di Desa Jepara Kecamatan BPRRT Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Selasa (11/9/2018
Candi Kebayan : Candi Kebayan yang berada di Desa Jepara Kecamatan BPRRT Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Selasa (11/9/2018 (SRIPOKU COM/ ALAN NOPRIANSYAH)

“Sudah sewajarnya aset bersejarah Candi Kebayan di jadikan kembalikan pada bentuk awal pada masa kejayaanya, dengan demikian diharapkan akan menjadi Icon terbaru OKUS menjadi gerbang duplikasi Candi Kebayan, dengan begitu harapan tentang terwujudnya Desa Wisata berlatar budaya akan terwujud,”harap Hendra.

Bangunan Candi Kebayan yang memiliki sejarah Budaya di sekitar, namun sama sekali belum tersentuh pihak pemerintah untuk melakukan pembugaran agar aset bersejarah dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke wisata Danau Ranau.

Dari penuturan Yanto Alipson Kades Jepara,mengungkapkan beberapa tahun lalu tim arkeolog dari Jambi melakukan penelitian pada batu Candi Kebayan mengatakan kalau usia batu candi sangat tua, seusia dengan Candi Prambanan dan candi Burobodur.

”Beberapa tahun lalu pernah diteliti tim arkeolog dari Jambi, mereka menuturkan kalau usia batu candi seusia denga candi Prambanan dan Burobudur,"Ujar Kepala Desa Jepara Yanto Alipson Selasa (11/9/2018)

Halaman
123
Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved