Berita Palembang

Disdik Sumsel Kirim Siswa Program Kuliah Gratis ke Malaysia, IPK di Bawah 3,0 Langsung Dipulangkan!

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel kembali mengirim sebanyak 50 siswa SMAN dan SMKN penerima Program Kuliah Gratis (PKG) 2018 ke Malaysia.

Disdik Sumsel Kirim Siswa Program Kuliah Gratis ke Malaysia, IPK di Bawah 3,0 Langsung Dipulangkan!
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para penerima PKG ke Malaysia saat dilepas langsung oleh Dinas Pendidikan Sumsel, Selasa (28/8/2018) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel kembali mengirim sebanyak 50 siswa SMAN dan SMKN penerima Program Kuliah Gratis (PKG) 2018 ke Malaysia.

Kali ini, pihak Disdik Sumsel menegaskan kepada siswa yang menerima PKG agar menjaga nilai IPK selama masa studi. Sebab apabila IPK di bawah 3.0 akan langsung dipulangkan ke Indonesia.

Hal ini dikatakan langsung ole, Plh Disdik Sumsel, Bonny Syafrian saat pembekalan dan pelepasan penerima beasiswa PKG tahun 2018/2018 di Politeknik TEDC Bandung dengan program magang di Malaysia, Selasa (28/8/2018).

"Kita beri target 4 tahun atau 8 semester, kalau mereka tidak lulus dalam 8 semester, ya mereka harus membayar sendiri. Dan juga kalau IPK di bawah 3.0 akan dipulangkan," ujarnya.

Untuk saat ini yang menerima PKG di Politeknik TEDC Bandung ada sebanyak 50 orang dari berbagai SMA dan SMK di Sumsel dengan 3 program studi (prodi), yaitu Rekam Medis, Otomotisasi, dan Mesin Design Industri. Mereka akan berangkat pada Rabu besok.

Baca: Tertipu Modus Penggandaan Uang, Puluhan Warga OKI Jarah Perabotan Yana yang Memilih Kabur

Baca: Dianggap Lakukan Pelanggaran Berat, SMK N 1 Muaraenim Keluarkan 11 Siswi dari Sekolah

Bonny menambahkan, para penerima PKG juga akan mendapatkan uang saku dari Pemprov Sumsel sebesar Rp750 per bulan selama kuliah disana.

"Uang saku tersebut akan dibayar 6 bulan sekali. Dan untuk uang SPP pemprov Sumsel akan membayar langsung ke Politeknik TEDC, jadi mereka tidak repot lagi," jelasnya.

Saat ini jumlah siswa asal Sumsel yang masih aktif menempuh pendidikan melalui beasiswa PKG sebanyak 1.587 orang di berbagai negara.

Ia juga mengatakan, tahun ini siswa penerima PKG sangat meningkat, dari 2 tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2016-2017 peneriman PKG hanya 12 orang. "Nantinya mereka akan magang di Malaysia selama dua semester.

Saya berharap semua penerima PKG tidak membuang waktu disana, maka dari itu manfaatkan waktu dengan baik," jelasnya. (*)

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved