Berita Palembang

Burung Murai Ini Raih Juara Lomba Hingga 3 Kali, Ini Harga yang Ditawari Calon Pembeli

Ratusan burung berkicau, seperti jenis Murai Batu, Lovebird dan Kacer berlomba-lomba menjadi yang terbaik .

Burung Murai Ini Raih Juara Lomba Hingga 3 Kali, Ini Harga yang Ditawari Calon Pembeli
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Suasana lomba kicau mania yang diselenggarakan Puja Kusuma Alfaredo halaman cucian mobil Berkat Jalan A Yani Plaju, Minggu (19/8/2018). 

Laporan wartawan sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Perlombaan Kicau Mania yang diselenggarakan oleh komunitas Puja Kusuma Alfaredo memperebutkan piala dan uang tunai jutaan rupiah serta sertifikat piagam penghargaan bertempat di halaman cucian mobil Berkat Jalan A Yani Plaju, Minggu (19/8/2018).

Ratusan burung berkicau, seperti jenis Murai Batu, Lovebird dan Kacer berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan memperlihatkan kebolehan kicauannya pada para penonton yang hadir.

Panitia penyelenggara dari Puja Kusuma Alfaredo, Nanang mengatakan, pada perlombaan kali ini ada tiga jenis burung yang diperlombakan dengan dibagi menjadi empat kategori, yakni jenis Murai Batu, Kacer dan Lovebird Balibu serta Lovebird standard.

Menurutnya, rata-rata peserta yang mengikuti perlombaan ini, kebanyak dari para peternak, lantaran apabila burung mereka menjadi juara bisa meningkatkan nilai jual dari burung kicau tersebut.

"Untuk penilaiannya, kalau jenis Lovebird dari suara kekek burungnya, yang paling banyak dengan jeda hitungan detik. 3 - 7 detik poinnya 20, 8 - 14 detik poin 50 dan 15 - 50 mendapat poin 100. Jadi pemenangnya berdasarkan jumlah poin dalam waktu 5 menit," ungkapnya.

"Kalau jenis Murai dan Kacer, penilainnya dari kicauan seperti menyanyikan lagu dan isian suara menirukan burung lain," kata Nanang menambahkan.

Sementara, Hendro warga Begayut Banyuasin yang menjadi juara pertama Jenis Burung Murai dengan jumlah poin 1700 mengatakan, meskipun Burung Murai Batu ini usianya baru 2,5 tahun, namun sudah beberapa kali menjadi juara.

"Burung Murai ini sudah 3 kali menjadi juara lomba dan sudah pernah ditawar dengan harga Rp 7 juta, tapi tidak saya jual," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk masalah perawatan seperti biasa burung pada umumnya, melainkan hanya dikeluarkan dari rumah untuk dijemur beberapa saat.

"Perawatannya tidak ada yang spesial, seperti biasa diberi makan jangkrik dan makanan khusus Murai, tapi sering dilatih berkicau setiap harinya," ujarnya.(cr2)

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help