Berita Palembang

Sisihkan 600 Pesaingnya, 34 Anggota Paskibraka Terpilih Mulai Lakukan Ini Hadapi HUT RI ke-73

Latihan awal paskibraka kota Palembang ini diikuti sebanyak 34 anggota yang terdiri dari berbagaia SMA/SMK negeri dan swasta se-kota Palembang

Sisihkan 600 Pesaingnya, 34 Anggota Paskibraka Terpilih Mulai Lakukan Ini Hadapi HUT RI ke-73
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para anggota Paskibraka Palembng saat beristirahat di sela latihan di Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (24/7/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebagai persiapan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 pada 17 Agustus mendatang, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota Palembang mulai mengikuti latihan awal.

Latihan awal paskibraka kota Palembang ini diikuti sebanyak 34 anggota yang terdiri dari berbagaia SMA/SMK negeri dan swasta se-kota Palembang yang digelar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Ketua Pelaksana sekaligus Kasi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora kota Palembang, Tarmizi mengatakan, saat ini anggota paskibraka kota Palembang ada 34 orang, dimana 4 orang yakni 2 putra dan 2 putri akan dikirim untuk tingkat provinsi, sedangkan 30 anggota akan jadi tim inti paskibraka tingkat kota.

"Ini merupakan hari ini ke tujuh mereka latihan awal. Dan mereka akan dilatih selama 1 bulan, yakni 15 hari untuk latihan awal mulai tanggal 18 Juli sampai 6 Agustus 2018 dan akan dikarantina selama 15 hari mulai dari tanggal 7-18 Agustus 2018," ujar Tarmizi di sela kegiatan pelatihan paskibraka di Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (24/7/2018).

Selama latihan, mereka dibimbing oleh pelatih yang berasal dari personil dari Kodim 0418 kota Palembang, Polresta Palembang, PPI dan Dispora kota Palembang.

Sebelumnya, pihak Dispora sendiri sudah menyeleksi sebanyak 600 siswa dan terpilih menjadi 34 anggota paskibraka tingkat kota.

Senada dengan hal itu, pelatih paskibraka dari Kodim 0418 Palembang, Pelda Fahrulrozi menjelaskan, untuk pelatihan awal pihaknya mengajarkan baris-berbaris dengan benar. Latihan ini juga difokuskan kepada pemantapan fisik, kedisiplinan, kerjasama tim, pola hidup paskibraka. Tak lupa pengaturan gerakan yang kompak sekaligus memupuk rasa kecintaan para anggota paskibraka terhadap NKRI.

"Latihan sendiri dimulai pukul 05.30 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Mereka akan diajarkan pemantapan fisik, kedisiplinan waktu, jadi pada saat mereka di karantina tidak akan terkejut lagi," terang Farhrulrozi.

Ia menambahkan, hampir rata-rata semua anggota paskibraka fisiknya kurang dan mental untuk tampil didepan umum juga belum siap.

"Kalau sekarang ada perubahan, karena pramuka di sekolah punya kriteria masing-masing. Disinilah mereka akan kita satukan," tegasnya.

Sementara itu, salah satu anggota paskibraka dari SMA Negeri 17 Palembang, Anisya Meidita Gayatri mengaku, dirinya tidak percaya bisa terpilih sebagai anggota paskibraka. Dimana awalnya pihak sekolah yang mengirim dirinya untuk ikut seleksi paskibraka.

"Pertama kali latihan terkejut dan merasa tegang. Tapi kalau sekarang ini sudah mulai terbiasa," ujarnya.

Dirinya berharap bisa terpilih menjadi pembawa baki bendera merah putih pada saat upacara HUT RI nanti. "Berharap sekali bisa terpilih jadi pembawa baki. Kriteria yang ditunjuk biasanya lebih kemuka, jadi kata pelatihnya harus sering maskeran tiap hari, yang lebih utama lagi mental dan kesiapan kita," ungkapnya.

Baca: Solidaritas Perempuan Palembang Tuntut Pemerintah Selesaikan Konflik Agraria

Baca: 1 Agustus 2018 LRT Dibuka Untuk Umum, Berikut Tata Cara Naik LRT Dengan atau Tanpa e-Money

Baca: Jokowi Kumpulkan Ketua Partai Usai Bahas Negara Pas Makan Malam, Hidangannya Bikin Salfok & Ngiler

Baca: Drawing Sepakbola Asian Games 2018 Dilakukan di Kuala Lumpur, Indonesia Tergabung Tim Kuat Asia?

Baca: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Find X, Bisa Dipesan di Lazada

Baca: Dua Guru Asal Amerika Mengajar di SMA plus N 17 Palembang, Merasa Kaget Ini Kesan Mereka!

Baca: Kontingen SoIna Sumsel Dulang 21 Medali, Langsung Fokus Tatap SOWG 2019

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved