Berita Palembang

Gagal SBMPTN? Unsri Buka Pendaftaran Jalur USM, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Humas panitia lokal SBMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, USMB ini sudah terlaksana sejak tahun 2017 lalu.

Gagal SBMPTN? Unsri Buka Pendaftaran Jalur USM, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
SRIPOKU.COM/YULIANI
Nama peserta yang lulus jurusan Teknik Sipil SBMPTN 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Keinginan calon mahasiswa (cama) untuk melanjutkan studi dengan masuk ke PTN tetap besar.

Terbukti dari pasca pengumuman SBMPTN kemarin lusa, puluhan ribu cama yang gagal lewat jalur tes tersebut kembali bertarung di Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) 2018.

Alhasil banyak cama yang mencari tahu mekanisme pendaftaran USM lewat laman resmi Unsri, Rabu (4/7/2018). "Sempat kecewa karena tak lolos SBMPTN. Padahal saya sudah ambil bimbel khusus.

Makanya saya mau mencoba kembali lewat jalur USM," ujar salah satu cama dari SMA di Palembang yang enggan disebutkan namanya.

Tak hanya ia, beberapa temannya yang bernasib sama juga sempat patah semangat. Bagaimana tidak, dari puluhan ribu yang mendaftar tak sampai 10 persen yang lolos.

"Saingannya juga berat, jadi memang harus kerja keras. Tapi ya mau bagimana lagi kalau memang belum nasib," keluhnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini lewat jalur USM Unsri bersama lima PTS yakni Universitas PGRI Palembang, Universitas Tridinanti Palembang, STMIK MDP, Stisipol Candradimuka, dan Universitas Indo Global Mandiri secara bersama menerima cama lewat jalur mandiri ini. Kendati demikian, Unsri hanya menyediakan kuota 30 persen lewat jalur ini.

Humas panitia lokal SBMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, USMB ini sudah terlaksana sejak tahun 2017 lalu. Menurutnya akan ada efisensi dan kebersamaan sekaligus keringanan bagi calon mahasiswa.

"Prosesnya sama saja, akan ada seleksi. Hanya saja satu calon mahasiswa bisa memilih lima prodi untuk dua perguruan tinggi. Satu perguruan tinggi maksimal dua pilihan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help