SriwijayaPost/

Seram! Ternyata Ini Penyebab Terjadi Gempa Unik di Perbatasan OKU-Muara Enim

Gempa berkekuatan 5.0 SR ini sempat dirasakan di Beberapa tempat seperti Baturaja, mengatakan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat gunc

Seram! Ternyata Ini Penyebab Terjadi Gempa Unik di Perbatasan OKU-Muara Enim
Harian Nasional
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM.BATURAJA---Gempa yang terjadi Minggu ( 20/8 2017) pukul 08.06.20 WIB, di wilayah Kabupaten OKU dan Muara Enim, Propinsi Sumatra Selatan tergolong unik dan menjadi buah bibir.

Sebab di wilayah ini selama ini jarang terjadi gempa karena secara seismisitas aktivitas kegempaan di wilayah ini sangat rendah.

Sejumlah sumber menyebutkan, guncangan gempa di kaki Bukit Nanti 1619 mdpl dan terpusat Gempa di Desa Mendingin Ulu Ogan.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Harian Nasional)

Gempa berkekuatan 5.0 SR ini sempat dirasakan di Beberapa tempat seperti Baturaja, mengatakan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa ini dirasakan di daerah Gunung Megang Kabupaten Muara Enim, Medingin, Belayan, Sukaraja, Baturaja, Kebonagung, dan Pangandonan dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI.

Di daerah ini, kata Daryono, beberapa warga sempat berhamburan lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Gempa Tektonik ini merupakan Tanda Aktifitasnya Beberapa Gunung di sekitar Kabupaten OKU khusunya Kecamatan Ulu Ogan yang berbatsan dengan Kabupaten tetangga terdapat banyak Sumber Air panas bumi Purba seperti di Bukit Lumut Balai 2100mdpl (perbatasan Semendo), 1.

Luncuran lava pijar dari kawah Gunung Api Soputan terlihat dari Langowan, Minahasa.

Bukit Ringgit 2129mdpl (perbatasan TanjungTiga) Bukit Nanti 1619 mdpl (Kecamatan Lengkiti Kecamatan Muarajaya dan Kecamatan Ulu Ogan).

Terpisah Kapolsek Ulu Ogan Ipda Duarsa yang dikonfirmasi, membenarkan diwilayah hukum Polsek Ulu Ogan memang meraskan ada guncangan gempa bumi.

Namun gempa yang terjadi hanya beberapa detik itu tidak menimbulkan dampak kerugian jiwa ataupun material. Kondisi tetap kondusif. 

Penulis: Leni Juwita
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help