Tutorial

Tips Mengatasi Lampu Jauh dari Kendaraan Lain yang Sering Bikin Mata Silau saat Berkendara

Kendaraan sendiri memiliki lampu depan yang dirancang untuk memungkinkan Anda melihat lebih baik saat berkendara di malam hari.

Kompas.com/Dicky Aditya Wijaya6
FOTO ILUSTRASI -- Lampu jauh yang sering dinyalakan pengendara di malam hari bisa berpotensi mengganggu konsentrasi dan fokus pengendara lain. 

SRIPOKU.COM -- Sedikit berbeda dari waktu siang hari, berkendara pada malam hari membutuhkan perhatian dan fokus yang lebih ekstra.

Terlebih, berkendara di malam hari seringkali membuat pengendara berada di dalam situasi yang minim pencahayaan, terutama ketika melintasi jalan yang kurang akses penerangan.

Selain itu, beberapa hasil studi juga menyebut jika berkendara pada malam hari berpotensi risiko kecelakaan lebih besar ketimbang berkendara di siang hari.

Hal ini karena kita sangat mengandalkan penglihatan kita untuk mengemudi, dan pada malam hari pandangan kita jauh lebih terbatas.

Kendaraan sendiri memiliki lampu depan yang dirancang untuk memungkinkan Anda melihat lebih baik saat berkendara di malam hari.

Dalam kondisi yang terlalu gelap, banyak pengemudi akan menyalakan high beam atau lampu jauh (dim).

Dilansir dari Kompas.com (29/8/2022), penggunaan lampu dim memang tidak dilarang, tetapi sebaiknya pengemudi juga memahami kapan waktu yang tepat untuk menyalakannya.

Sehingga, sorot lampu jauh itu tidak mengganggu pengendara lain sehingga bisa saja memicu emosi pengguna jalan lain.

Ilustrasi penggunaan lampu jauh saat menaiki mobil.
Ilustrasi penggunaan lampu jauh saat menaiki mobil. (Kompas.com)

===

Tips menghadapi sorotan lampu jauh pengemudi lain

Dikutip dari Lifehacker, Jumat (13/1/2023), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi pengemudi yang menyalakan lampu dim dengan sembarangan.

1. Bersikap defensif

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah bersikap proaktif dengan mengurangi kecepatan kendaraan.

Jika Anda berada di jalan yang memiliki banyak jalur, pindahlah ke jalur paling kiri sehingga Anda bisa berada sejauh mungkin dari lalu lintas yang datang.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved