Pilkada Sumsel

Bawaslu Sumsel Berharap Naluri Jurnalis Tertular ke Pengawas Pemilu saat Temukan Pelanggaran

Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Yenli Elmanoferi, SE MSi berharap pengawas pemilu hendaknya memiliki naluri jurnalis sehingga bisa cepat akurat

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Abdul Hafiz
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Tema “Peran Jurnalis Media Untuk Membangun Efektivitas Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024” di Hotel Beston Palembang, Rabu (14/12/2022).  

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Yenli Elmanoferi, SE MSi berharap pengawas pemilu hendaknya memiliki naluri jurnalis sehingga bisa cepat akurat dalam membuat laporan saat melakukan tugas pengawasan. 

"Naluri seorang jurnalis ini kan itu juga yang seharusnya dimiliki oleh naluri pengawas kami. Jurnalis ini kan cepat, begitu melihat kerumunan  sudah merespon dengan 5W+1 nya itu dia sudah bisa menuangkan dalam sebuah berita," ungkap Yenli Elmanoferi pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Tema “Peran Jurnalis Media Untuk Membangun Efektivitas Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024” di Hotel Beston Palembang, Rabu (14/12/2022). 

Yenli berharap jiwa-jiwa jurnalis ini juga nanti sebenarnya bisa ditularkan dengan pengawas Pemilu bagaimana dia melihat sesuatu itu dugaan-dugaan terjadi pelanggaran ataupun pengawasan-pengawasan tahapan itu dia juga bisa menuangkan dalam bentuk laporannya yang dalam laporan Form A oleh pengawas-pengawas.

"Jadi itu sebenarnya yang sebenarnya kita inginkan. Pertama mengajak kawan-kawan pers menjadi mitra kita dalam pengawas partisipatif, yang kedua juga kami harapkan jiwa jurnalis ini bisa juga terpatri di kawan-kawan pengawas kami di kabupaten/kota maupun di kecamatan. Tetapi hari ini kita membangun sinergitas dulu antara Bawaslu Provinsi Sumsel dengan insan pers khususnya di Kota Palembang," paparnya. 

Turut hadir pula Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Muhammad Sarkani, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumsel A Naafi SH MKn, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel Rahmat Fauzi Mursalin, Kepala Bagian Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Abdul Rahim. 

Untuk itulah pada hari ini Bawaslu dengan rekan-rekan insan media juga berharap menjadi mitra strategis di dalam pengawasan Pemilu pemilihan. 

Dikatakan Yenli, kegiatan yang diikuti 85 peserta ini menyampaikan bahwa pengawasan itu adalah tanggung jawab bersama dan insan pers ini bagian penting bagi Bawaslu untuk juga menjadi bagian dari pengawas partisipatif Pemilu untuk pemilihan. 

Maka kegiatan ini dikemas dengan sosialisasi pengawasan partisipatif. Ada beberapa unsur yang sudah dilakukan pengawasan partisipatif ini 

Ada dari mahasiswa, Ormas, OKP, perguruan tinggi, pelajar SMA, PKK. Jadi semua unsur diharapkan menjadi pengawas partisipatif di dalam pelaksanaan Pemilu pemilihan. (Abdul Hafiz) 
 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved