Pernikahan Kaesang Erina

5 Hari Lagi Ijab Kabul, Kaesang dan Erina Ritual Mandi 7 Mata Air, Siraman Pertama Presiden Jokowi

Diketahui, siraman merupakan salah satu adat Jawa yang dilakukan sebagai bagian dari upacara pernikahan.

Editor: Wiedarto
Instagram
kolase foto Kaesang dan Erina Gudono. 5 hari lagi ijab kabul, keduanya jalani ritual mandi 7 mata air. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melaksanakan prosesi siraman sebelum pernikahan atau ijab kabul mereka gelar pada Sabtu (10/12/2022). Siraman ini mereka laksanakan di rumahnya masing-masing. Kaesang akan melakukan siraman di kediamannya Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.


Sementara, Erina akan melaksanakan siraman di kediamannya Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diketahui, siraman merupakan salah satu adat Jawa yang dilakukan sebagai bagian dari upacara pernikahan.

Tujuh sumber mata air itu antara lain berasal dari Pura Mangkunegaran, kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, air dari Pengging, air dari rumah eyang Sujiatmi Notomiharjo almarhum, air dari Masjid Agung, dan air dari Keraton Solo.

 

"Besok yang melakukan siraman Bapak, Ibu, pakde, bude, dan paklik yang sudah mantu (menikahkan anaknya)," kata Gibran.

 

Wali Kota Solo ini menambahkan, sebelum siraman dimulai, keluarga akan memasang bleketepe.

Bleketepe terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih hijau dan kemudian dipasang mengelilingi area pernikahan. Kemudian, pada Jumat malam di kediaman pribadi Jokowi di Sumber akan dilaksanakan acara midodareni dan pengajian.

 

 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi bersyukur, persiapan pernikahan Kaesang-Erina yang rencananya akan digelar Sabtu (10/12/2022) nanti berjalan lancar dan sudah mencapai 99 persen.


"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdullilah sudah disiapkan dengan baik," ungkap Jokowi usai rapat kumbokarnan di Ndalem Wuryaningratan, Danar Hadi Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/12/2022).


Jokowi menyampaikan, akad pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta. Sementara untuk tasyakuran akan dilaksanakan sehari setalahnya di Solo, Minggu (11/12/2022).

Sebagai informasi, prosesi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Solo digelar di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. Loji Gandrung dipakai acara adat dan Pura Mangkunegaran sebagai lokasi resepsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

 

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved