Pali Memilih

70 Sarjana S1 dan 2 Orang Magister Ikut Daftar Jadi Anggota Panwascam di Pali

Jenjang pendidikan pelamar cukup lengkap dari tingkat SMA, D1, D3, S1 bahkan ada tamatan S2. Ada dua orang dari magister dan 70 orang dari S1.

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Ahmad Farozi
reigan/sripoku.com
Ratusan warga Kabupaten Pali mendaftar jadi calon anggota Panwascam ke Sekretariat Bawaslu setempat. Tampak proses penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam di Sekretariat Bawaslu Pali. 

SRIPOKU.COM, PALI - Ratusan warga Kabupaten Pali mendaftar jadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) ke Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Tercatat ada 126 berkas pelamar masuk ke Bawaslu Pali, guna mengikuti seleksi Panwascam pada hari terakhir pendaftaran, Selasa (27/9/2022).

"Setelah dibuka pendaftaran selama sepekan, antusias masyarakat cukup tinggi. Hampir setiap hari ada warga mendaftar," ungkap Ketua Pokja penerimaan calon anggota Panwascam, Basrul, Kamis (29/9/2022).

Dijelaskan, dari 126 pelamar sudah menyerahkan berkas pendaftarannya, dari kecamatan Talang Ubi ada 36 pelamar, Penukal 26, Penukal Utara 23, Tanah Abang 22 dan Abab ada 19 orang pelamar.

Dikatakan, latar belakang pendidikan para pelamar yang mendaftar jadi anggota Panwascam di Pali, beragam. Mulai tamatan SMA, D1, D2, S1 bahkan ada yang S2 (magister).

"Jenjang pendidikan pelamar cukup lengkap dari tingkat SMA, D1, D3, S1 bahkan ada dari S2. Ada dua orang dari magister dan 70 orang dari S1. Ini tentu menambah ketat persaingan calon Panwascam," ucapnya.

Dijelaskan, dari 126 pelamar tersebut, akan diambil tiga orang calon Panwascam di masing-masing kecamatan. Tapi sebelumnya seluruh pelamar harus melalui tahapan seleksi selanjutnya.

"Ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui pelamar, dimana pada akhirnya akan diambil 15 orang terbagi di 5 kecamatan," ujarnya.

Disebutkan, tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas pelamar. Kemudian yang lolos akan mengikuti tes tertulis, lalu uji publik dan terakhir tes wawancara.

Tes tertulis berbasis komputer dengan sistem CAT akan dilaksanakan di ruang lab komputer SMAN1 Talang Ubi. Rencananya akan dilaksanakan pada 14-16 2022.

"Pelaksanaan tes tertulis ini dengan pendampingan dan pengawasan tim dari Bawaslu provinsi. Peserta yang nilainya berada peringkat 1 sampai 6, berhak mengikuti tahapan wawancara," katanya.

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved