Berita Palembang

TAK Puas Hukuman Alex Noerdin Cuma Berkurang 3 Tahun, Kuasa Hukum akan Kasasi : Kami Ingin Bebas

Kalau cuma turun tiga tahun kita belum cukup puas. Kami mintanya untuk dibebaskan

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Chairul Nisyah
Tim kuasa hukum Alex Noerdin Dr Nurmala SH MH (Kanan) dan Redho Junaidi SH MH (Kiri). akan melakukan kasasi, Minggu (11/9/2022) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Berkurang hukuman sebanyak 3 tahun saat banding di tingkat Pengadilan Tinggi Palembang, tak membuat tim kuasa hukum eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin puas.

Oleh karena itu kuasa hukum Alex Noerdin akan menempuh upaya hukum kasasi dan meminta terdakwa kasus dugaan korupsi dana hibah Masjid Raya Sriwijaya dan PDPDE dibebaskan.

vonis pada Alex Noerdin terdakwa kasus dugaan korupsi dana hibah Masjid Raya Sriwijaya dan PDPDE dikurangi tiga tahun menjadi 9 tahun penjara.

Sebelumnya, mantan Gubernur Sumsel dua periode tersebut, vonis hukuman 12 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Palembang.

Meski demikian melalui tim kuasa hukumnya, Dr Nurmala SH MH CLA dan Redho Junaidi SH MH mengatakn pihaknya masih akan melakukan upaya hukum kasasi.

"Untuk putusan resmi sendiri kami belum lihat. Namun putusan tersebut telah sampai di Pengadilan Tipikor Palembang. Atas putusan itu kami menghargai pertimbangan hakim di tingkat PT," ujar Nurmala, saat dikonfirmasi Sripoku.com, Minggu (11/9/2022).

Nurmala mengatakan pihaknya belum cukup puas dengan putusan di tingat Pengadilan Tinggi Palembang, yang hanya mengurangi hukuman pada terdakwa Alex Noerdin.

"Kalau cuma turun tiga tahun kita belum cukup puas. Kami mintanya untuk dibebaskan, maka dari itu kami akan ambil langkah hukum kasasi," tegasnya.

Ditambahkan oleh Redho Junaidi SH MH, yang mengatakan jika perbuatan terdakwa Alex Noerdin adalah murni kesalahan adminstrasi kepala daerah.

"Bukanlah perbuatan tindak pidana korupsi terlebih lagi tidak ada satu alat bukti pun yang membuktikan adanya aliran dana ke klien kami, Alex Noerdin," ujar Redho.

Menurut Redho, terdakwa Alex Noerdin dalam fakta perkaranya tidak terlibat dalam pemufakatan jahat untuk merugikan negara baik dalam perkara PDPDE maupun perkara hibah Masjid Raya Sriwijaya, sehingga sepatutnya terdakwa Alex Noerdin lepas dari segala tuntutan hukum (onslagh).

Sementara itu dikonfirmasi pada JPU Kejati Sumsel, Naimullah SH MH, mengatakan belum mendapatkan salinan putusan banding lengkap dari pihak Pengadilan.

"Salinan putusan belum sampai ke kami. Untuk lebih lanjut akan sampaikan nanti," jawabnya singkat.

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved