Berita Pali

Harga Kebutuhan Pokok Meningkat, Warga Talang Ubi Pali Terpaksa Kurangi Beli Sembako

Tak hanya itu, harga beras juga ikutan naik. Kini harga beras Rp14 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp10 ribu per kilogram.

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Ahmad Farozi
reigan/sripoku.com
Para ibu rumah tangga, khususnya diwilayah Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali mengaku terpaksa mengurangi pembelian sembako, karena harganya naik. Tampak IRT warga Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi membeli sayur pedagang keliling, Senin (29/8/2022). 

SRIPOKU.COM, PALI - Para ibu rumah tangga (IRT), khususnya diwilayah Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengaku terpaksa harus mengurangi pembelian sembako.

Hal ini disebabkan meningkatnya harga kebutuhan pokok beberapa waktu belakangan ini. Sejak dua pekan lalu, harga telur ayam naik. Kini, disusul kenaikan harga ayam potong sejak sepekan terakhir.

Pantauan Sripoku.com, Senin (29/8/2022), harga daging ayam potong di Pasar Inpres Pendopo Kecamatan Talang Ubi kini naik jadi Rp32 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga ayam potong dikisaran harga Rp26 ribu per kilogram.

Tak hanya itu, harga beras juga ikutan naik. Kini harga beras Rp14 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp10 ribu per kilogram.

Dwi, IRT di kelurahan Talang Ubi Timur kecamatan Talang Ubi mengaku hanya bisa pasrah menghadapi kondisi ini.

"Mau bagaimana lagi, mau demo tidak mungkin, mau tidak membeli ayam potong dan telur juga tidak mungkin. Apalagi beras. Paling mengurangi apa yang dibeli," katanya, Senin (29/8/2022).

Ia berharap Pemkab Pali bisa memberikan solusi terhadap naiknya harga komoditas yang terjadi. "Harapan itu selalu ada. Semoga saja ada solusi dari Pemkab Pali," katanya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Pali, Teguh Eko Sutrisno membenarkan kenaikan harga bahan pokok, meski tidak seluruhnya.

Menurut dia, hal demikian ditenggarai dampak dari kebijakan naiknya harga BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar.

"Kenaikan ini Sulit dibendung secara lokal, karena kenaikan harga BBM ini se-Indonesia. Untuk upaya jangka pendek, dalam waktu dekat kita sudah menyiapkan pasar murah untuk beberapa bahan pokok penting," ungkapnya.

"Sedangkan upaya jangka panjang kita akan upayakan terus koordinasi terkait kemandirian pangan di Kabupaten Pali. Koordinasi bersama beberapa OPD lain terkait kemandirian pangan di Kabupaten PALI," tutupnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved