Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Eks Menhan Jadi Plt Menpan RB Geser Tito Karnavian, Ini Sosoknya

Jokowi resmi menunjuk Mahfud MD sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), menggantikan Tito Karnavian.

Editor: adi kurniawan
YouTube/Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi atas meninggalnya Menpan RB, Tjahjo Kumolo dari Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7/2022). Jokowi resmi menunjuk Mahfud MD sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), menggantikan Tito Karnavian. 

SRIPOKU.COM -- Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi resmi menunjuk Mahfud MD sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), menggantikan Tito Karnavian.

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini, penunjukan Mahfud MD sebagai Plt Menpan RB yang menggeser Tito Karnavian.

Dilansir dari situs resmi Kemenpan RB, pengangkatan Mahfud MD tertuang dalam Keputusan Presiden No. 75/2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukkan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Benar Pak Mahfud MD ditunjuk sebagai Plt Menpan RB hingga terpilihnya Menpan RB definitif," ujar Rini, Jumat (15/07).

Jokowi menunjuk eks Kapolda Papua dan Kapolri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Menpan RB ad interim, terhitung sejak 4 Juli 2022 hingga 15 Juli 2022.

Penunjukkan ini tertuang dalam surat bernomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022.

"Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ad interim, dari tanggal 4 s.d. 15 Juli 2022," tulis surat tersebut seperti dilansir dari laman Kemenpan-RB, Selasa (5/7/2022).

Mahfud MD menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Sebelumnya, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013.

Mahfud MD juga pernah menjadi anggota DPR dan menjabat Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Mahfud MD meraih gelar Doktor pada tahun 1993 dari Universitas Gadjah Mada.

Sebelum diangkat sebagai Menteri, Mahfud MD adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved