Apa Itu PSE? Kebijakan Kominfo yang Membuat Beberapa Aplikasi Ternama di Indonesia Terancam Diblokir

Beberapa platform digital milik asing yang hingga kini belum mendaftar PSE yaitu Google, WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter hingga Netflix.

Tribun Solo
Instagram, Facebook, WhatsApp, PSE Kominfo 

SRIPOKU.COM - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengancam akan memblokir beberapa platform digital milik asing jika tidak mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE Kominfo.

Kebijakan Kominfo untuk beberapa platform digital milik asing tersebut mendaftar PSE Kominfo sudah ada sejak lama.

Namun setelah di lihat dari data milik Kominfo ternyata beberapa platform digital milik asing itu belum juga mendaftar PSE Kominfo.

Baca juga: Mengenal Resso Platform Digital Asing di Indonesia Terdaftar PSE Kominfo Pengguna TikTok Wajib Unduh

Beberapa platform digital milik asing yang hingga kini belum mendaftar PSE yaitu Google, WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter hingga Netflix.

Sebagai platform digital milik asing yang berada di Indonesia, pihak Kominfo pun memberikan keringanan untuk mendaftarkan diri paling lambat 20 Juli 2022 mendatang.

Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, tujuan pendaftaran PSE Lingkup Privat ini agar terwujudnya equal playing field atau kesetaraan antara PSE dalam dan luar negeri.

Tak hanya itu peraturan itu dibuat agar tiap PSE tunduk dan patuh pada aturan-aturan yang ada di Indonesia, termasuk pengumungutan pajak.

Namun apa itu PSE? Berikut penjelasannya.

PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik mewajibkan setiap orang penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain, dikutip dari laman APTIKA Kominfo.

Sistem Elektronik yang dimaksud adalah serangkaian layanan dan aplikasi yang mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan informasi elektronik.

Baca juga: Catat! 15 Hari lagi Facebook Terancam Diblokir Kominfo, Ini Penjelasannya

PSE menjadi dua kategori, yaitu PSE Lingkup Privat dan PSE Lingkup Publik.

PSE Lingkup Publik mencakup layanan sistem elektronik instansi negara atau institusi yang ditunjuk negara.

Sementara PSE Lingkup Privat mencakup individu perorangan, badan, atau kelompok masyarakat yang menyediakan layanan sistem elektronik.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved