TUTUP Usia 82 Tahun, Penyanyi Legendaris Bob Tutupoly Sempat Hijrah ke Amerika, Lagu Widuri Boming

Bakat menyanyi Bob Tutupoly sudah terlihat sejak kecil. Dan Bob sempat memanfaatkan itu untuk mendapatkan uang jajan

Editor: Wiedarto
Kompas
Bob Tutupoly meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Penembang lagu Widuri ini sempat hijrah ke Amerika Serikat. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022). Bob Tutupoly tak hanya dikenal sebagai penyanyi. Pemilik nama lengkap Bobby Williem Tutupoly itu juga pernah menjadi pembawa acara kuis di TVRI.
Selain "Widuri", Bob Tutupoly juga dikenal dengan lagu "Tiada Maaf Bagimu" dan "Lidah Tidak Bertulang". Ia sejak kecil sudah memiliki talenta di dunia tarik suara.

Sosok Bobby Willem Tutupoly atau lebih dikenal sebagai Bob Tutupoly dikenal sebagai penyanyi, aktor dan pembawa acara. Lahir di Surabaya, Jawa Timur 13 November 1939, Bob Tutupoly terkenal lewat lagunya berjudul "Widuri" yang merupakan lagu ciptaan Slamet Adriyadi.

Bakat menyanyi Bob Tutupoly sudah terlihat sejak kecil. Dan Bob sempat memanfaatkan itu untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Tak hanya menjadi penyanyi solo, di awal kariernya, Bob juga sempat bergabung dengan beberapa grup vokal dan band.

Seperti ketika dia masih SMA, Bob diajak bergabung dalam Kwartet Jazz di RRI Surabaya. Bob pernah juga menyanyi di hotel, menjadi pengisi acara dansa kalangan atas.

Tahun 1969, Bob pernah pindah ke Amerika Serikat, dari San Fransisco dan Los Angeles. Kemudian Bob pindah ke Las Vegas dan menjadi penyanyi untuk klub malam dan kasino di sana. Di tahun 1980, Bob pernah keluar sebagai pemenang pertama dalam Festival Lagu Populer 1980 di Budokan Hall, Jepang.

Tak hanya sukses di dunia tarik suara, Bob Tutupoly juga diketahui pernah membintangi beberapa judul film, seperti Penasaran (1977), Sebelah Mata (2008). Selain dunia menyanyi dan menjadi aktor, Bob juga dikenal sebagai pembawa acara terkenal. Bob Tutupoly pernah menjadi pembawa acara Ragam Pesona selama 5 tahun.

Dia juga pernah menjadi pembawa acara Tembang Kenangan di Indosiar. Bob Tutupoly diketahui sempat mengenyam bangku universitas di Perguruan Tinggi Ekonomi Surabaya dan Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung, tapi keduanya tidak sampai selesai.

Aktor dan penyanyi Bob Tutupoly dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (5/7/2022). Sebelum meninggal dunia, Bob Tutupoly diketahui sudah dirawat selama beberapa minggu di rumah sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kabar meninggalnya Bob Tutupoly dibenarkan pengamat musik Stenley Tulung. "Telah berpulang ke rumah Bapa di Sorga, Bapak Bobby Willem Tutupoly di RS Mayapada pukul 00:03," tulis Stenley saat dikonfirmasi Kompas.com. Baca juga: Yuni Shara Jenguk dan Peluk Bob Tutupoly yang Kena Stroke Melalui laman media sosial Instagram-nya, Stenley juga mengunggah foto bersama Bob Tutupoly.

"RIP Om Bob Tutupoly. Terima kasih untuk semua yg sudah Oom Bob berikan untuk kita semua. Semoga lapang jalanmu menuju keabadian sejati" tulis Stenley. Kabar meninggalnya Bob Tutupoly salah satunya juga disampaikan musisi Addie MS.

"Selamat jalan Om Bob Tutupoli," tulis Addie MS di akun Instagram miliknya, seperti dikutip Kompas.com. Bob Tutupoly meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Sebelumnya, Bob Tutupoly diketahui sakit stroke. Pelantun "Widuri" itu dirawat di rumahnya. Salah satu penyanyi, Yuni Shara sempat menjenguk Bob Tutupoly. Ia memperlihatkan kondisi Bob yang sedang duduk di kursi roda.

Dalam keterangan video yang diunggahnya, Yuni Shara memberi semangat ke pelantun “Widuri” tersebut. “Semangat sehat Oom Bob,” tulis Yuni Shara di Instagram-nya dikutip Kompas.com, Selasa (17/5/2022). Bob Tutupoly tak hanya dikenal sebagai penyanyi. Pemilik nama lengkap Bobby Williem Tutupoly itu juga pernah menjadi pembawa acara kuis di TVRI. Selain "Widuri", Bob Tutupoly juga dikenal dengan lagu "Tiada Maaf Bagimu" dan "Lidah Tidak Bertulang".

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved