Breaking News:

Mal Gunakan Penanda Lantai LG, GF, dan UG, Ternyata Begini Alasannya

Mereka yang biasa mengunjungi mal sudah biasa melihat penamaan lantai Lower Ground (LG), Ground Floor (GF) dan Upper Ground (UG).

Editor: Azwir Ahmad

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Anda yang biasa ke mal, pasti familiar dengan penanda lantainya yang tidak hanya menggunakan angka tetapi juga istilah seperti Lower Ground (LG), Ground Floor (GF) dan Upper Ground (UG).

Pertanyaannya adalah, mengapa mal atau pusat perbelanjaan menggunakan istilah tersebut sebagai penanda lantainya, dan mengapa tidak menggunakan angka saja?

Wakil Ketua Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya menjelaskan bahwa mall atau pusat perbelanjaan memiliki tinggi ideal hingga 6 lantai.

Maksud dibuatnya lantai dengan nama LG, GF dan UG juga sebagai upaya agar mal atau pusat perbelanjaan tidak terkesan terlalu tinggi.

"Mal secara umum maksimal tinggi idealnya 6 lantai. Lalu ditambah dengan lantai basement. Jadi urutannya itu LG, GF, UG, 1, 2, 3," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/11/2021).

Kecuali itu, alasan lainnya karena adanya kepercayaan feng shui, bahwa terdapat angka-angka tertentu yang mesti dihindari karena dapat memberikan dampak negatif.

Misalnya angka 4 yang seringkali dimaknai tidak baik. Berdasarkan kepercayaan feng shui, angka 4 disebut hanya memiliki satu kaki sehingga dianggap tidak seimbang. Selain itu, secara bentuk angka ini mirip kursi terbalik yang juga dimaknai sesuatu yang tidak baik.

"Angka 4 dalam bahasa mandarin artinya 'shi' atau kematian, dan bahasa Jepang 'shi' itu kesedihan. Jadi konotasinya negatif, makanya dihindari," kata Bambang.

Selain angka 4, penomoran unit properti juga seringkali menghindari nomor 13, 14, 24, 34, 44. Namun demikian, angka ini tidak menjadi patokan, dan lagi-lagi hanya sebatas feng shui yang umumnya dipercaya oleh masyarakat etnis Tionghoa.

"Tetapi, alasan banyak mal masih menghindari angka 4 dan angka yang lainnya, lebih karena kekhawatiran kehilangan pelanggan mereka terutama yang masih memegang teguh tradisi tersebut," ujar Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terkuak Alasan Mengapa Mal Gunakan Penanda Lantai LG, GF, dan UG", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/10/181732121/terkuak-alasan-mengapa-mal-gunakan-penanda-lantai-lg-gf-dan-ug.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved