Breaking News:

Berita Muba

Apa Itu Gambo Muba, Pakaian Khas yang Kompak Dikenakan Anggota DPRD Muba Saat HUT Ke-65 Kabupaten

Tidak seperti tahun-tahun sebelumya, 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muba tampak sedikit berbeda cara berpakaiannya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: RM. Resha A.U
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
45 anggota DPRD Muba ketika mengenakan batik gambo muba pada HUT Ke-65 Kabupaten Muba. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeru Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Tidak seperti tahun-tahun sebelumya, 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muba tampak sedikit berbeda cara berpakaiannya.

Pasalnya 45 anggota DPRD Muba memakai kain khas Bumi Serasan Sekate yakni Jumputan Gambo Muba, pada Rapat Paripurna dalam rangka HUT Ke-65 Kabupaten Muba, Selasa (28/9/21).

Dalam sambutanya, Ketua DPRD Muba Sugundo mengatakan dalam rangka HUT Muba anggota DPRD Muba pada hari ini mengenakan jumputan gambo yang merupkan produk lokal asli dari Kabupaten Muba. Tidak seperti tahun sebelumnya anggota DPRD Muba menggunakan pakaian adat.

“Hari ini anggota DPRD Muba tampak sedikit mempesona, karena baju Gambo Muba dan kopiah Gambo Muba yang dikenakan,” kata Sugondo, dalam rapat paripurna dalam rangka HUT Muba ke-65.

Baca juga: Aksi Emak-emak di Muba, Ogah Turun Dari Motor Saat Ditilang: Tetap Dibawa Polisi di Atas Motor

Lanjutnya, Gambo Muba merupayakan kekayaan khas dari Kabupaten Muba dan saat ini sedang didaftarkan di kementerian untuk menjadi kekayaan intelektual dari Kabupaten Muba.

“Pemakaian Gambo Muba pada hari ini sebagai salah satu cara mendorong UMKM khususnya petani gambo muba di Kecamatan Babat Toman,” jelasnya. 

Dinukil dari Sripoku, Gambo Muba adalah sebuah batik ciri khas yang berasal dari Bumi Serasan Sekate atau yang lebih dikenal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kini Gambo Muba tidak hanya dikenal di kancah nasional tapi sudah mendunia, dan pasarnya pun meluas hingga terpajang di berbagai hotel.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved