Breaking News:

Menerangi Pulau Bangka dari Sumatera, PLN Targetkan Desember 2021 Sudah Terinterkoneksi

PLN menargetkan operasi (energize) sistem interkoneksi Sumatera - Bangka adalah bulan Desember 2021, karena infrastruktur vital yang ditunggu-tunggu

Editor: adi kurniawan
Humas PLN
Pembangunan jaringan Transmisi Tegangan Tinggi dan kabel laut Sumatera – Bangka 150 kV atau disebut Under Sea Cable (USC) dari landing point pulau Sumatera ada di Tanjung Carat dan landing point pulau Bangka ada di Muntok. 

SRIPOKU.COM -- Bangka merupakan pulau wisata yang berkembang pesat.

Keelokan pantai dan keindahan alamnya adalah pesona dan magnet bagi para wisatawan.

Selain itu industri dan bisnis pun menggeliat di kawasan ini.

Hal ini diantaranya ditandai dengan permintaan listrik yang terus meningkat.

Pada awal tahun ini beban puncak (BP) listrik pulau Bangka sebesar 156 Mega Watt (MW) dan di bulan Agustus kemarin naik menjadi 182 MW.

Hal ini belum termasuk tambahan permintaan sambungan listrik dari pelaku industri dan masyarakat sebesar 45 MW yang masih menunggu karena keterbatasan pasokan listrik di pulau itu.

Perkembangan pulau ini harus didukung dengan ketersediaan listrik yang cukup, handal dan terjamin.

Selama ini operasi kelistrikan di Bangka dilakukan secara isolated, terpisah dari sistem kelistrikan daratan Sumatera yang sudah tersambung menjadi satu (interkoneksi).

Bangka masih membangkitkan energi listriknya sendiri, mentransmisikan dan mendistribusikan sendiri ke pelanggan di pulau yang indah itu.

Sementara pulau Sumatera yang besar ini, secara operasi kelistrikan telah tersambung menjadi satu sistem interkoneksi Sumatera melalui jalur “Tol Listrik”, yaitu jaringan transmisi tegangan ekstra tinggi 275 kilo Volt (kV) sehingga secara ketersediaan, kehandalan dan mutu pasokan listrik terbilang lebih bagus dari sistem kelistrikan yang masih isolated.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved