Breaking News:

Virus Corona

Menteri Kesehatan Ungkap Ada 4 Provinsi Tingkat Vaksinasi Dosis Pertama di Bawah 20 Persen

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan beberapa wilayah yang masih vaksinasi virus corona dosis pertama di Indonesia masih di bawah 20%

Penulis: Muhammad Naufal Falah | Editor: Sudarwan
YouTube/PerekonomianRI
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers virtual, Senin (13/9/2021) malam 

SRIPOKU.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada 4 wilayah yang melakukan vaksinasi virus corona dosis pertama masih di bawah 20 persen.

Keempat wilayah itu adalah Lampung, Sumatra Barat, Maluku Utara, dan Papua.

"Ada 5 provinsi yang masih di bawah 20 persen untuk suntik pertamanya, Lampung sekitar 15 persen, Sumbar 18 persen, Maluku Utara 18 persen, Papua 19 persen," kata Budi pada konferensi pers virtualnya, Senin (13/9/2021) malam.

Budi menjelaskan Presiden Joko Widodo sudah mengarahkan agar Kementerian Kesehatan (Kemenekes) dapat memperhatian provinsi-provinsi itu.

Dia mengatakan Kemenkes akan mengejar percepatan vaksinasi itu bersama TNI dan Polri.

"Harapan kita agar kita bisa lebih cepat bekerja sama dengan Pemda meningkatkan vaksinasi di atas 20 persen," kata Budi.

Terkait jumlah stok vaksin, Budi mengatakan harus lekas menggunakan 41 juta dosis stok vaksin Covid-19 di sejumlah daerah untuk meningkatkan capaian vaksinasi.

"Atas arahan Pak Presiden, diminta agar 41 juta dosis vaksin yang tersebar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota agar segera diselesaikan dan disuntikkan. Karena 41 juta dosis ini jumlah yang sangat besar, yang sebaiknya cepat kita suntikan," kata Budi.

Dia menjelaskan hingga kini Indonesia telah menerima sekitar 169 juta dosis vaksin.

Dari jumlah itu, sebanyak 157 juta dosis sudah dikirim dan diterima oleh daerah-daerah.

Sementara itu, 9 juta dosis lainnya masih dalam perjalanan.

Budi mengatakan, pemerintah pusat hanya menyimpan stok 3 juta dosis vaksin untuk cadangan.

"Dari 157 juta dosis yang sudah dikirim ke daerah, sudah disuntikkan 116 juta dosis. Seperti yang disampaikan tadi, ada 41 juta dosis yang ada sebagai stok di daerah-daerah," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan data Kemenkes, sampai dengan Senin (13/9), total vaksinasi dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 73.839.683 suntikan. Angka tersebut baru mencapai 35,45 persen dari target vaksinasi sebesar 208.265.720 orang.

Kemudian, untuk total vaksinasi dosis kedua, baru mencapai 42.329.062 dosis, atau sekitar 20,32 sasaran vaksinasi nasional.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved