Breaking News:

Berita Muratara

Remaja Nikahi 2 Gadis Sekaligus di Muratara Masih Dibawah Umur, Ini Penjelasan Kemenag Setempat

Remaja berinisial S (17) yang nikahi dua gadis sekaligus, inisial A (17) dan SS (17) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (10/9/2021) kemar

Editor: RM. Resha A.U
DOKUMENTASI WARGA
Pernikahan antara pria inisial S (17) dengan dua gadis inisial A (17) dan SS (17) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (10/9/2021) kemarin kini jadi sorotan. 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Remaja berinisial S (17) yang nikahi dua gadis sekaligus, inisial A (17) dan SS (17) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (10/9/2021) kemarin kini jadi sorotan.

S yang nikahi dua gadis sekaligus, disorot karena pernikahan dini itu dinilai menyalahi aturan perundang-undangan, karena ketiganya masih berstatus dibawah umur sesuai Undang-Undang Pernikahan.

"Ya kalau menurut regulasi undang-undang, yang mau melangsungkan pernikahan usianya minimal 19 tahun," kata Kasubag Humas Kemenag Kanwil Sumsel, Saefudin Latief kepada wartawan, Sabtu (11/9/2021).

Dia menjelaskan, bila pernikahan S dengan A dan SS tersebut sudah mendapatkan dispensasi, maka pernikahan itu bisa saja dilaksanakan.

Lembaga yang berhak mengeluarkan dispensasi pernikahan tersebut adalah Pengadilan Agama.

"Pernikahan itu mungkin saja bisa dilangsungkan dengan alasan-alasan tertentu, dengan mengusulkan permohonan dispensasi ke Pengadilan Agama," kata Saefudin.

Dia memberikan imbauan kepada masyarakat bahwa alangkah baiknya jika ingin melangsungkan pernikahan harus tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Sebab kata dia, sebuah peristiwa pernikahan tentu harus mengacu kepada Undang-Undang Perkawinan, tentang usia, serta bagaimana tata cara dan sebagainya.

Baca juga: Pemuda di Muratara Nikahi Dua Gadis Sekaligus, Ternyata Hal Serupa Pernah Terjadi 15 Tahun Silam

"Itu sudah jelas diatur, dan pernikahan itu kan tercatat di KUA, jangan sampai melaksanakan pernikahan yang tidak tercatat," katanya. 

Saefudin menerangkan apabila pernikahan tidak tercatat di KUA, maka akan berdampak pada istri dan anaknya di kemudian hari.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved