Breaking News:

Mall Boleh Buka, Bagaimana Operasional Wisata di Palembang di Masa PPKM Level 4 Hingga 9 September?

Meski masih berstatuskan Palembang PPKM level 4, sejumlah peraturan disebut sudah dilonggarkan, termasuk operasoinal mall dan hajatan pernikahan.

Editor: Refly Permana
tribun sumsel
Pengunjung menikmati keindahan Taman Bunga Celosia di kawasan Perumahan Spring Hill Perumnas Talang Kelapa. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Aturan terkait operasional wisata di Palembang ikut mengalami perubahan seiring dengan diperpanjangnya status PPKM level 4 di Palembang.

Seperti yang diketahui, pemerintah pusat menyatakan PPKM level 4 di Palembang diperpanjang sejak 23 Agustus 2021 hingga 6 September nanti.

Meski masih berstatuskan Palembang PPKM level 4, sejumlah peraturan disebut sudah dilonggarkan, termasuk operasoinal mall dan hajatan pernikahan.

Lantas, bagaimana dengan objek wisata di Palembang yang selama pandemi Covid-19 benar-benar merasakan dampak negatif.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani, mengatakan untuk tempat wisata sesuai dengan aturan ini telah boleh dibuka.

"Namun cara detail saya belum mempelajari soal perubahan aturan di perpanjangan PPKM sampai 6 September mendatang," jelas dia.

Kata dia, tentu dengan diperbolehkan tempat wisata ini menjadi angin segar bagi para pelaku usaha.

"Tentu ini akan kembali dapat menggelitkan perekonomian. Sudah boleh buka, tapi prokes tetap harus dan jangan lalai, agar kita tidak lagi diperketat," tegasnya.

Disebut-sebut Bakal Jadi Syarat Transportasi, Berikut Cara Download Aplikasi PeduliLindungi

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, mengatakan belum ada aturan tentang kewajiban menunjukkan sertifikat vaksin sebagai akses masuk ke destinasi wisata di Sumsel.

"Saya rasa cukup prokes atau antigen, mengingat ini semua untuk kesehatan bersama," katanya, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, jika pengunjung bisa menunjukkan sertifikat vaksin hal tersebut dinilai lebih baik ketimbang hanya menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk ke area wisata dan memakai masker.

"Namun yang penting terapkan prokes dengan benar," ujar Aufa.

Ketua PHRI Sumsel, Herlan Asfiudin, pihaknya menyambut baik adanya pelonggaran di masa PPKM level 4 yang kembali diperpanjang. 

"Alhamdulillah lega dengan adanya pelonggaran dari pemerintah, artinya usaha dapat kembali berjalan, sebab sejak PPKM dengan sejumlah pengetatan kita sulit," tegas dia.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved