Breaking News:

Sekda Palembang Marah Besar, Gara-gara Puskesmas Sosial Palembang Tutup Layanan Viral di Medsos

Puskesmas itu bukan hanya sekadar untuk layanan kesehatan tapi juga posko PPKM paling utama untuk membantu penanganan Covid-19

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Sudarwan
Tangkapan Layar instagram @undercover.id
Puskesmas Sosial Palembang yang tutup pada Jumat (30/7/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku. com, Rahmaliyah

SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Sebuah video beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa Puskesmas Sosial menutup layanan selama 1,5 Jam.

Ini terlihat dari pengumuman yang dicantumkan dalam kertas informasi yang ditempelkan pada pintu pagar puskesmas dan pintu pagar yang tertutup rapat.

Berisikan tulisan "Innalillahi wainaillahirojiun telah meninggal dunia dr Didik Purwosaputro SPog yang merupakan suami dr Meriance Mkes, Kepala Puskesmas Sosial. Pada Hari Jumat tanggal 30 Juli 2021 pelayanan Puskesmas Sosial ditutup Sementara Mulai Pukul 09.30 s/d 11.00 dikarenakan hendak menghadiri pemakaman di Kebun Terima Kasih, "

Padahal disaat bersamaan ada warga yang datang untuk melaporkan bahwa dirinya terpapar Covid-19 dan hendak melaporkannya ke Puskesmas Sosial dengan membawa hasil PCR yang dinyatakan positif.

Merespon hal itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengaku marah karena layanan di puskesmas di tutup.

Ia pun telah mengkonfirmasi dan juga menegur Kadinkes Kota Palembang agar hal serupa tak kembali terulang.

"Puskesmas itu bukan hanya sekadar untuk layanan kesehatan tapi juga posko PPKM paling utama untuk membantu penanganan Covid-19 apalagi saat ini Palembang sedang dalam masa PPKM Level 4. Harusnya tidak boleh sampai menutup layanan, Puskesmas masuk dalam sektor Kritikal, " jelasnya, Jumat (30/7/2021).

Dewa mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi ke Kadinkes jika suami kepala Puskesmas meninggal dunia.

Akan tetapi, harusnya meski dalam suasana berduka tak semestinya layanan puskesmas ditutup.

"Harusnya bergantian, walaupun itu hari jumat tidak ada namanya jam 11 lalu tutup, selama jam kerja harus diupayakan buka melayani masyarakat. Di masa Pandemi, petugas puskesmas harus proaktif membantu mendata dan menangani masyarakat yang terpapar COVID-19, " Jelasnya

Ini kemudian menjadi catatan Pemerintah Kota Palembang, untuk mengevaluasi kinerja Puskesmas sebagai Posko penanganan Covid-19.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved