Breaking News:

HD Inginkan Pemprov Sumsel Adakan UKW bagi Wartawan Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru (HD) membuka  Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Lembaga Penguji Universitas Pemban

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/KOMINFO PROV SUMSEL
Gubernur SSumsel H Herman Deru membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dengan menabuh gong yang diselenggarakan oleh Lembaga Penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta di Hotel Aston Palembang, Jumat (25/6/2021) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru (HD) membuka  Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Lembaga Penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta di Hotel Aston Palembang, Jumat (25/6/2021).

Dalam sambutannya HD menyampaikan Kompetensi Wartawan mutlak diperlukan agar Wartawan baik online maupun cetak dapat memiliki Kompetensi dan sertifikasi berdasarkan kemampuan keahlian masing-masing dalam menyajikan berita. 

HD: Harus Ada Divisi Hukum di PWI Sumsel agar Wartawan Terhindar UU ITE

HD Inginkan RS Siti Fatimah Miliki Kekhususan Penanganan Jenis Penyakit

"Dalam menyampaikan berita yang memiliki Sumber yang sama, tentu dalam penyampaian dan penyajiannya berbeda setiap Wartawan. Ada yang menggunakan bahasa hiperbola, ada yang daftar saja tergantung gaya penulisan. Jadi setiap Wartawan harus tau Kompetensi apa yang ada pada dirinya. Keahliannya menulis di bidang apa saja" ujar HD. 

Dilanjutkan HD,  kerjasama antara Wartawan, media dan pemerintah daerah sangat penting.

Karena masyarakat berhak mendapatkan informasi tentang pembangunan daerahnya dan apa saja yang telah dilakukan pemimpinnya. 

Askolani dan HD Resmikan Masjid Al-Jihad, Wujudkan Sumsel Maju untuk Semua dan Banyuasin Religius

Untuk itu, HD menginginkan kedepan perlunya kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Diskominfo Sumsel, dewan pers dalam hal Penyelenggaraan uji Kompetensi Wartawan seluruh kabupaten dan kota. 

"Saya minta untuk UKW dapat  diadakan oleh  Pemprov Sumsel. Dinas  terkait dapat menganggarkan dan  bekerjasama dengan Dewan Pers. Agar semua Wartawan di Sumsel dapat kompeten," tegas HD. 

Ketua Dewan Pers Jamalul Insan mengatakan, UKW dibutuhkan  agar ada tolak ukur dalam menentukan profesi wartawan.

Saat ini Dewan Pers melakukan Sertifikasi wartawan  dan Verifikasi media, dimana saat ini banyak yang mengaku Wartawan tanpa ada media ysng jelas.

Sedangkan Agung Prabowo dari UPN Yogyakarta mengatakan, tingginya minat dan kesadaran Wartawan terhadap Kompetensi terbukti dengan jumlah Wartawan yang melamar sebsnyak 80 orang.

Karena keterbatasan kuota hanya 54 peserta saja yang dapat mengikuti UKW. 

Turut hadir Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Prov Sumsel Prof Edward Juliartha, Kadis Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan SSTP MM, Karo Humas dan Protokol Rika Efianti. 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved