Breaking News:

Lonjakan Kasus Covid

TEMBUS Angka 2 Juta, Media Asing Sebut Indonesia Tertinggi Penularan Covid di Asia

Kabar tentang kasus Covid-19 di Indonesia yang menembus angka 2 juta, menjadi berita terpopuler di media asing.

Editor: Wiedarto
INSTAGRAM.com/@LAPORCOVID19
Tangkapan layar unggahan dari Koalisi LaporCovid-19 soal surat terbuka desakan penanganan pandemi Covid-19 untuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Kabar tentang kasus Covid-19 di Indonesia yang menembus angka 2 juta, menjadi berita terpopuler di media asing. Berita di Times of India pada Senin (21/6/2021) itu menempati urutan teratas di kanal World News. Sementara itu media-media internasional lainnya juga turut memberitakan pencapaian buruk Indonesia ini.

Berikut Kompas.com merangkum empat pemberitaan media asing ternama tentang kasus virus corona di Indonesia yang mencapai 2 juta lebih.

1. Times of India Berjudul Indonesia hits 2 million coronavirus cases, tightens curbs, media asal India itu memberitakan pemerintah RI yang memperketat pembatasan, seiring lonjakan kasus yang terjadi. "Indonesia bergulat dengan lonjakan kasus virus corona bulan ini dan melaporkan 14.536 infeksi baru pada Senin, sehingga totalnya menjadi 2.004.445, jumlah kasus tertinggi di Asia," tulisnya mengutip artikel Reuters.

Disebutkan pula sejumlah aturan baru, seperti batas kapasitas 25 persen di restoran, kafe, dan mal, dan penangguhan kegiatan agama di rumah-rumah ibadah. Sampai sekitar pukul 19.30 WIB berita ini menjadi artikel internasional terpopuler Times of India pada 21 Juni. Kemudian di kolom pencarian berita World News, label corona cases in Indonesia menempati urutan kedua top search

2. AFP Selain memberitakan 2 juta kasus virus corona Indonesia, media asal Perancis ini juga menyebutkan kondisi terkini rumah sakit dan pemakaman di Jakarta. "Keterisian rumah sakit melonjak hingga lebih dari 75 persen di Jakarta dan daerah-daerah yang terkena dampak parah lainnya, sementara permakaman untuk korban Covid-19 juga dilaporkan meningkat," tulis AFP.

Mengangkat judul Indonesia hits 2 million virus cases as crisis deepens, AFP melanjutkan artikelnya dengan banyaknya korban Covid-19 di Indonesia yang sekarang berusia muda. Sebagai penutup, dicantumkan pula hampir 1.000 tenaga kesehatan Indonesia meninggal sejak pandemi dimulai, dan upaya-upaya agar warga mau divaksin.

3. Free Malaysia Today Dari negara tetangga, Free Malaysia Today turut mewartakan dengan artikel berjudul Indonesia’s Covid crisis deepens as cases hit 2 million, hospitals fill up. Juga mengambil data dari Reuters, Free Malaysia Today menyoroti 29 zona merah yang diperketat pembatasannya selama dua minggu ke depan.

"Daerah-daerah itu termasuk Kudus di Jawa, Bangkalan di pulau Madura, dan sebagian Riau, di Sumatera, dan ibu kota Jakarta, di mana polisi mengumumkan jam malam di 10 lokasi antara pukul 9 malam hingga 4 pagi," tulisnya.

4. Bloomberg Berita Covid-19 di Indonesia ini juga sampai ke Amerika Serikat (AS), yang ditulis Bloomberg berjudul Indonesia’s Virus Cases Hit 2 Million as Hospitals Fill Up.

Sorotan Bloomberg antara lain tentang varian Delta yang mendominasi di Kudus dan Bangkalan, laju vaksinasi, dan prediksi sejak Idul Fitri. "Lonjakan infeksi baru-baru ini telah diprediksi oleh pemerintah, yang memperkirakan pada Mei bahwa kasus dapat meningkat 40 hingga 60 persen dalam empat hingga lima minggu setelah liburan Idul Fitri," ujar Bloomberg.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Covid-19 Indonesia Tembus 2 Juta Kasus, Beritanya Populer di Media Asing"
Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved