Breaking News:

Ratu Dewa Cari Tahu Sebab DAK dan Dana Insentif Daerah untuk Pemkot Palembang dari Pusat Berkurang

Sekda Ratu Dewa akan mengevaluasi pemberian DAK dan DID dari pemerintah pusat untuk Pemkot Palembang yang tahun ini dikurangi.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM / Rahmaliyah
Sekda Palembang, Ratu Dewa 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Refocusing anggaran dari Pemerintah Pusat berdampak pada besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DIDUGA) yang ditransfer ke Pemerintah Kota Palembang tahun ini. 

Meski tak menyebut secara gamblang berapa besar penurunannya, namun Kepala BPKAD Palembang menyebutkan jika di 2021 ini Palembang kebagian Rp 124 Miliar untuk alokasi DAK dan DID senilai Rp 8,1 miliar. 

"Tahun ini jumlahnya turun sedikit yang kita terima dari pusat, ini karena Pemerintah Pusat melakukan refocusing anggaran," Katanya, Senin (21/6/2021) 

Zul menjelaskan, peruntukan DAK dan DID ini dilakukan untuk pembangunan infrastruktur, seperti pemeliharaan jalan, sebab ini bentuk dukungan dalam pembangunan yang ada di Kota Palembang. 

Kencangkan Ikat Pinggang, Pemkot Palembang Mulai Cicil Bayar Utang Proyek Infrastruktur 2019-2020

"Karena DAK dan DID ini sifatnya dana bantuan pusat, realisasi harus disegerakan, agar dananya dapat terserap, makanya kita minta ke OPD agar mempercepat kerja," ujarnya. 

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menambahkan, karena recofusing dana dari pusat untuk pemerintah kota Palembang di 2021 sedikit mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. 

"Kita lagi evaluasi juga untuk Dana Anggaran Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID), kenapa bisa berkurang.

Karena untuk pemenuhan syarat kita sudah lalukan, seperti penghargaan inovasi daerah, WTP, dan lainnya," ungkapnya. 

Menurutnya, DID ini memang ada yang ditransfer dari pusat ke pemda/pemkot, ada juga yang didapat dari penghargaan oleh OPD, seperti Dinas Pendidikan.

Pemkot Palembang Tambah Kolam Retensi, Paket Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro

"Contohnya Dinas Pendidikan dapat DID untuk sekolah fillial,  maka peruntukannya untuk pengembangan sekolah filial tersebut," tutupnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved