Breaking News:

Mengenal BO Keilmiahan Cogito Fisip Unsri dengan 7 Biro dan Departemen serta Kegiatannya

Berasal dari ungkapan Filsuf Prancis, Descrates ‘Cogito Ergo Sum’ atau yang berarti ‘Aku berpikir maka aku ada’.

Editor: Sudarwan
Cogito Fisip Unsri
Cogiters Fisip Unsri 

SRIPOKU.COM, INDRALAYA - Cogito adalah sebuah organisasi keilmiahan yang berada dalam lingkungan Fisip Unsri (Universitas Sriwijaya).

Berasal dari ungkapan Filsuf Prancis, Descrates ‘Cogito Ergo Sum’ atau yang berarti ‘Aku berpikir maka aku ada’.

Dilansir dalam laman milik BEM KM Unsri, Cogito terbagi ke dalam 7 biro dan departemen yakni:

1. Biro inventaris
2. Biro dana dan usaha
3. Departemen HRD (Human Resources Development)
4. Departemen perka (Penalaran dan Retorika)
5. Departemen SIVENT (Social Innovation and Invention)
6. Departemen media dan informasi (medinfo)
7. Departemen humas (hubungan masyarakat)

Direktur Utama (Dirut) Badan Otonom (BO) Cogito Periode 2020/2021, Lendra Agustira, yang dihubungi via Whatsapp menceritakan sejarah singkat awal terbentuknya BO Cogito di lingkungan mahasiswa FISIP Unsri serta yang membedakan BO Cogito dengan BO keilmiahan lain di fakultas.

“Berawal dari komunitas yang terbentuk sejak tahun 2016, berkat upaya dan usaha dari para pendirinya dulu, akhirnya Cogito secara resmi dilegalkan oleh pihak Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tanggal 25 April 2018,” kata Lendra, Jumat (11/6/2021).

“Secara umum sebenarnya Cogito sama aja kegiatannya dengan BO keilmiahan lain yang ada di setiap fakultas seperti ada kegiatan KDMI, FNBC, dan Pilmapres yang menjadi kegiatan pokok yang ditanggung langsung oleh setip BO keilmiahan di tiap fakultas," ujar Lendra.

"Tapi secara lebih spesifik mungkin kami punya ciri khas dan ‘culture’ dalam organisasi yang ngebuat cogiters (red:anggota cogito) menjadi nyaman berada di sini,” tambahnya.

Lendra menuturkan bahwa di dalam kegiatan Cogito sendiri menerapkan sistem yang sama rata baik pada kakak tingkat maupun adik tingkat mereka.

Lendra juga menjelaskan bahwa kenyamanan dalam berorganisasi adalah hal yang penting bagi tiap anggota sehingga di dalam organisasi ini mereka berusaha untuk menciptakan lingkungan organisasi yang santai namun tetap berkualitas.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved