Breaking News:

Terdakwa Narkoba Asal Muratara Dipenjara 15 Tahun, Pengamat: Ada Hal yang Tak Bisa Dibuktikan Jaksa

"Jadi, pantas minimal hukuman 15 tahun itu, tapi kalau dibawah 10 tahun atau hanya 5 tahun dirasa tidak adil, dengan jumlah barang bukti yang besar,"

Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM/EKO HEPRONIS
Terdakwa dan kurir sabu-sabu yakni Andre Giopano (23), Elfin Heryadi (38 tahun), Dial Sasmita (30) dan Edi alias Dit (41) saat menjalani sidang vonis melalui virtual dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muara Beliti, Kamis (3/5/2021) kemarin. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengamat hukum dari Universitas Taman Siswa Palembang, Dr Azwar Agus SH MHum, menilai adanya putusan hakim Pengadilan Negeri Lubuklinggau yang memvonis empat terdakwa kasus narkoba 15 tahun penjara masih dianggap pantas.

Adapun para terdakwa yang disidangkan ini barang buktinya adalah 2 kilogram sabu.

Putusan hakim lebih rendah dari tuntutan JPU, dimana pada sidang tuntutan menuntut para terdakwa penjara seumur hidup.

Selama Sidang Sopan, Pasutri Bandar Sabu 2 Kg Muratara Lolos dari Hukuman Seumur Hidup

Menurut Azwar, vonis hakim tidak bisa serta merta disalahkan atas putusan itu, dan bisa saja JPU saat di persidangan tidak bisa membuktikan fakta- fakta yang ada, sehingga vonis berbeda dengan tuntutan yang dilakukan hakim.

"Sebenarnya kalau narkoba ini sudah jadi musuh bersama, tingggal komitmen Aparat Penegak Hukum (APK) baik hakim, jaksa dan lainnya.

Terlepas soal putusan itu berat dan ringan, kembali pada fakta- fakta persidangan dan saya tidak mengikutinya," kata Azwar, Jumat (4/6/2021).

Diterangkan Rektor Universitas Taman Siswa Palembang ini, jika merujuk pada undang- undang yang ada, tuntutan pengedar narkoba memang rata- rata minimal 15 tahun keatas.

"Jadi kemungkinan, karena saya tidak ikut persidangan dan pidana ini pembuktian materil, apakah mungkin Jaksa tidak bisa membuktikan kesalahan terdakwa oleh hakim, dan itu kurang begitu tahu kita," ucapnya.

Peran Jadi Istri Ketiga Kini Digantikan Hanna Kirana, Lea Chiarachel Ucap Salam Perpisahan: Thankyou

Selain itu, dalam hal pemberian hukuman bagi kejahatan narkoba ini harus ada persepsi yang sama dari aparat penegak hukum yang ada, mengingat kejahatan narkoba sebagai extraordinary crime.

"Jadi, pantas minimal hukuman 15 tahun itu, tapi kalau dibawah 10 tahun atau hanya 5 tahun dirasa tidak adil, dengan jumlah barang bukti yang besar, karena narkoba sudahn musuh bersama," tukasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved