Breaking News:

Haji 2021 Batal, Begini Cara Mengambil Dana Haji yang Sudah Disetor, Sembilan Hari Urusan Kelar

Penyelenggaraan haji tahun 2021 dibatalkan dan memicu kebingungan masyarakat tentang dana haji yang telah lunas disetorkan.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Refly Permana
sripoku.com/jati
Kepala Bagian Informasi dan Humas Kementerian Agama Sumatra Selatan, Saefuddin. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 batal dan memicu kebingungan masyarakat tentang dana haji yang telah lunas disetorkan.

Kabag Informasi dan Humas Kemenag Sumsel, Saefuddin, menjelaskan dana haji yang telah disetorkan oleh jemaah calon haji dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sehingga dipastikan dana tidak akan diselewengkan. 

"Sangat aman. Jemaah tidak perlu khawatir," jelas Saefuddin, Jumat (4/6/2021).

Jalan Penghubung di Palembang Ini Sudah Satu Tahun Rusak Sepanjang 10 Meter, Bak Kubangan Kerbau

Menurutnya, jika karena pembatalan ini jemaah haji ingin mencairkan dana setoran haji, hal tersebut pun bisa dilakukan.

Adapun cara mengambil dana haji yang sudah disetor, yakni mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH). 

Adapun prosedur pengambilan dana setoran haji, calon jemaah haji mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Kepala Kankemenag Kab/Kota) dengan menyertakan berbagai dokumen yaitu bukti asli setoran lunas Bipih dari Bank Penerima Setoran (BPS), fotokopi buku tabungan, fotokopi e-KTP dan nomor telepon  jemaah haji.

Tahapan pengembalian dana setoran haji, setelah dokumen diserahkan, petugas haji dan umrah melakukan verifikasi dan validasi dokumen permohonan jemaah haji, kemudian menginput data setelah semua dokumen dinyatakan lengkap dan sah.

Tahapan selanjutnya, Kepala Kankemenag Kab/Kota mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih kepada Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri (Diryan DN).

Detik-detik Pembunuh Petani di Empat Lawang Tewas Ditembak, Nyaris Bacok Polisi yang Dobrak Pintu

Lalu, Diryan DN melakukan konfirmasi surat permohonan pengembalian setoran pelunasan jemaah haji pada aplikasi Siskohat. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved