Breaking News:

TNI Polri Kepung 4 Daerah Tempat Bercokol Pentolan Kejam KKB Papua, Dimbau Menyerah

Untuk diketahui, Puncak Jaya Papua adalah salah satu yang menjadi daerah atensi pemerintah untuk terus diawasi dan dijaga.

Editor: Hendra Kusuma
istimewa
Ilustrasi Pasukan TNI-Polri melacak jejak KKB Papua Kelompok Terinus Enumbi. TNI Polri Kepung 4 Daerah Tempat Bercokol Pentolan Kejam KKB Papua, Dimbau Menyerah, Kamis (27/5/2021) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Pihak TNI Polri terus berupaya menciptakan pengamanan dan keamanan untuk warga Papua, dengan mengamankan seluruh wiayah dan mempersempit ruang gerak KKB Papua yang selama ini kerap meneros warga dan aparat.

Sebab, tercatat sejak April 2021, terjadi intentitas penembakan dan penyerangan yang dilakukan KKB Papua Khususnya di Distrik Ilaga Kabupaten Puncak Jaya Papua.

Bahkan total dari aksi para KKB Papua ini, telah menelan korban 27 anggota TNI dan 9 anggota Polri.

Selanjutnya, Untuk diketahui, Puncak Jaya Papua adalah salah satu yang menjadi daerah atensi pemerintah untuk terus diawasi dan dijaga.

Sebab, kelompok di Puncak ini sudah sering melakukan serangan-serangan brutal dan menewaskan penduduk sipil maupun aparat TNI Polri.

Terkait dengan 4 daerah yang meniad atensi khusus karena menjadi tempat bercokolnya 4 pimpinan KKB Papua dan para anggotanya.

Seperti diungkapkan oleh Kapolda Papua bahwa, Keempat daerah tersebut Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak, dan Nduga. Polri memberi atensi khusus kepada wilayah ini karena terjadi eskalasi ancaman keamanan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) akhir-akhir ini.

"Saya mau sampaikan secara umum kami mendapatkan briefing data dari Kapolda Papua sampai dengan hari ini Papua masih dalam keadaan aman dan kondusif, beberapa wilayah yang jadi atensi kita ada empat, Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak Ilaga dan Nduga, ini yang masih ada aksi kelompok bersenjata," kata Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw dalam tayangan video di Youtube Kemenkominfo TV, Rabu (26/5/2021).

Paulus berujar, beberapa waktu lalu KKB melakukan penyerangan di tiga wilayah yang menyebabkan korban dari aparat. Hal inilah yang menjadi atensi Polri dan TNI khususnya dalam menangani aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Sementara itu, Pasukan Setan sudah berangkat ke Papua dan kini menunggu arahan, sebab salah satu pasukan elite TNI akan bertugas menggantikan Satgas Nemangkawi.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved