Breaking News:

Catatan 3 Tahun 215 KKB Papua Buru anggota TNI Polri dan Tewaskan Jenderal BIN, Kini Dikepung Habis

Para pentolan KKB Papua ini memimpin anak buah mereka melakukan beberapa teror baik terhadap penduduk sipil dan terutama anggota TNI-Polri.

Editor: Hendra Kusuma
Ist/handout
Salah satu kelompok dari KKB Papua vs Satgas Namengkawi TNI Polri, Catatan 3 Tahun 215 KKB Papua Buru anggota TNI Polri dan Tewaskan Jenderal BIN, Kini Dikepung Habis 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Aksi KKB Papua sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, namun semakin menjadi sejak tiga tahun terakhir yakni di empat wilayah Papua.

Para pentolan KKB Papua ini memimpin anak buah mereka melakukan beberapa teror baik terhadap penduduk sipil dan terutama anggota TNI-Polri.

Catatan aksi-aksi para KKB Papua ini terbagi menjadi 4 kelompok dengan batas dan luas wilayah masing-masing di empat kabupaten di Papua.

Seperti diungkapkan oleh Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw, bahwa ada daerah yang menjadi sasaran Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak, dan Nduga.

Keempat wilayah inilah yang kini menjadi konsentrasi TNI dan Polri, selain juga mengamankan seluruh wilayah di Papua.

Berikut ini catatan tentang aksi-aksi 4 kelompok KKB Papua yang memakan korban setidaknya 27 anggota TNI dan 9 polisi yang gugur.

Juga menelan korban dari sipil yakni, 59 masyarakat sipil menjadi korban tewas dan korban luka sebanyak 53 masyarakat sipil, 51 anggotaTNI, dan 16 Polisi.

Kelompok Lekagak Telenggen

Seperti diketahui, KKB pimpinan Lekagak Telenggen yang kini memimpin organisasi tersebut bersama 3 orang lainnya yakni, Thitus Murib Kwalik sebagai panglima tertinggi komandan militer daerah III, Sabinus Waker, dan Egianus Kogoya adalah kelompok yang kini diburu Satgas Nemangkawi.

Sebab, setiap pimpinan memiliki anggota sebanyak 50-60 orang dengan kekuatan senjata yang biasanya diperoleh dengan merampas TNI atau Polri.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved