Breaking News:

Polisi Gerebek Penyimpanan Ikan Formalin

Susah Dibedakan, Ikan Giling yang Berformalin & Segar, Balai Karantina : Ditambahkan atau Bukan

"Kita diminta untuk melakukan pengujian di lapangan, kemudian pengusutan berlanjut ke Pasar Induk Jakabaring karena menjadi titik penjualan ikan

sripoku.com/andyka wijaya
Penggerebekan tempat penyimpanan ikan mengandung formalin di Pasar Induk Jakabaring Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Berawal dari sidak pasar ke pasar yang dilakukan Wakil Walikota Palembang, Sat Reskrim Polrestabes Palembang akhirnya menggerebek penyimpanan ikan giling, yang terindikasi mengandung formalin di Pasar Induk Jakabaring, Jumat malam (30/4/2021).

Sebanyak 8,3 ton ikan giling yang mengandung formalin didapati petugas polisi bersama Balai Karantina Ikan Kelas I SMB II dan BPOM Palembang disimpan di dalam gudang berukuran besar.

Humas Balai Karantina Ikan Kelas I (BKIPM) Sutan Mahmud Badaruddin II Palembang, Erik menjelaskan berawal dari sidak yang dilakukan wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda di pasar-pasar, ditemukannya ikan giling berformalin.

Ikan giling yang sudah disebarkan di pasar-pasar tradisional di Palembang ini ditemukan kandungan formalin, sehingga membuat pihak kepolisian mencari sumber penemuan tersebut.

Setelah dilakukan pengusutan, ternyata pihaknya menemukan Pasar Induk Jakabaring menjadi titik penjualan ikan terbesar yang terindikasi sebagai pusatnya ikan berformalin tersebut.

"Kita diminta untuk melakukan pengujian di lapangan, kemudian pengusutan berlanjut ke Pasar Induk Jakabaring karena menjadi titik penjualan ikan terbesar," ujarnya, Sabtu (1/5/2021).

Meskipun sudah dilakukan pengujian sementara menggunakan alat rapid test, namun pengujian lanjutan akan dilakukan untuk memastikan bahan formalin tersebut merupakan kandungan alami atau tambahan.

"Namun menurut pandangan kami perlu adanya pengujian lanjutan terkait kandungan formalinnya tersendiri," ujarnya.

Menurutnya, kandungan ikan berformalin dan segar nampak sama jika dilihat secara kasat mata.

Halaman
12
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved