Breaking News:

Berita Pagaralam

Cerita Pengrajin Rotan yang Mangkal di Jalan Lintas Pagaralam-Lahat, 'Tak Ada yang Beli, Cuma Lewat'

Penjualan kerajinan rotan mereka turun lebih dari 100 persen. Bahkan kadang dalam satu bulan belum tentu hasil kerajinan rotan mereka laku terjual

Sripoku.com/Wawan Septiawan
PENGRAJIN ROTAN : Tampak lokasi penjual kerajinan dari rotan asli Pagaralam yang berada dijalan lintas Pagaralam-Lahat 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Pandemi Virus Corona (Covid-19) sudah berlangsung tepat satu tahun ini. Pandemi ini membuat banyak sektor yang terdampak bahkan nyaris tidak bisa berjalan seperti sektor pariwisata.

Terdampaknya sektor pariwisata berimbas pada sektor lainnya yaitu sektor perdagangan terutama para pelaku UMKM.

Seperti yang terjadi di Kota Pagaralam yang merupakan salah satu destinasi wisata di Sumsel. Kota Pagaralam cukup terdampak karena menurunnya tingkat kunjungan wisatawan ke Pagaralam.

Hal ini juga berdampak pada usaha-usaha kecil yang bergantung pada wisatawan. 

Seperti para pengrajin buah tangan dari rotan asal Kota Pagaralam. Para pengrajin rotan ini sangat merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 ini. Bahkan satu tahun ini mereka merasa sudah dalam kondisi kritis. 

Pasalnya penjualan kerajinan rotan mereka turun lebih dari 100 persen. Bahkan kadang dalam satu bulan belum tentu hasil kerajinan rotan mereka laku terjual.

Seperti yang diceritakan Nurlela salah satu pengrajin rotan dikawasan jalan lintas Pagaralam-Lahat tepatnya di Desa Tanjung Menang Kecamatan Dempo Selatan.

Nurlela mengaku sangat merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 ini. Hasil kerajinan mereka sama sekali tidak laku meskipun pada hari biasa bahkan pada hari libur panjang.

"Selama Covid-19 ini pak yang sudah satu tahun ini, hasil kerajinan kami bisa dikatakan tidak laku atau tidak ada pembeli.

Halaman
12
Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved