Breaking News:

Lokasi Target Operasi Penyekatan di Sumsel yang Dipercepat Sebelum 6 Mei, Dirlantas: Ketat Sekali

Operasi penyekatan untuk larangan mudik lebaran 2021 lintas provinsi di Sumsel dipercepat karena banyak masyarakat yang sudah mudik duluan.

SRIPOKU.COM/ANTONI AGUSTINO
Ilustrasi Larangan mudik di tengah pandemik virus corona atau covid-19 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Operasi penyekatan untuk larangan mudik lebaran 2021 lintas provinsi di Sumsel dipercepat.

Hal ini sesuai dengan addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik hari raya Idulfitri Tahun 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan suci Ramadan.

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Cornelis Ferdinan Hotman Sirait, mengatakan operasi penyekatan di Sumsel rencanaya akan dipercepat karena diprediksi banyak masyarakat yang ingin mendahului melakukan perjalanan pulang ke kampung asal sebelum larangan mudik diberlakukan mulai 6-17 Mei 2021.

"Sejauh ini belum dilakukan operasi karena masih dalam suasana operasi keselamatan sejak 12 April lalu dan empat hari lagi baru akan selesai. Operasi tersebut memantau pergerakan orang dan barang," katanya, Kamis (22/4/2021).

Pemkot Lubuklinggau Fokus Pencairan THR untuk ASN, Kapan TPP Cair Walikota Nanan Ada Jawabannya

Cornelis menyebutkan, ada 2.500 personal dari gabungan TNI Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dishub dan Damkar yang akan disiagakan di pos pengamanan (pospam) dan penyekatan.

"Nantinya masyarakat yang melintas akan ditanya tujuan melakukan perjalanan, apakah untuk mudik atau bukan. Jika ASN akan diminta surat dinas. Kendaraan sembako, obat, ambulans boleh melintas," ujarnya.

10 lokasi operasi penyekatan di Sumsel, yakni tiga titik di pintu keluar (exit) Tol Indralaya, Keramasan, dan Kayuagung, serta tujuh sisanya di jalan arteri perbatasan Sumsel dengan Lampung, Jambi, dan Bengkulu.

Demi mengoptimalkan operasi penyekatan juga dilakukan koordinasi antara Polda Banten, Lampung, Sumsel. Nantinya juga disiagakan juga petugas di rest area melalui koordinasi dengan dinas terkait.

Cintanya tak Sempurna, Ayah Betrand Peto Menangis Depan Ruben, Vivi: Onyo Tahu Hati Mama Seperti Apa

"Merapatkan pos pengamanan di Mesuji Polres OKI taruh pos di situ berdekatan. Double check di dua arah berbeda sehingga penjagaan ketat sekali," kata Cornelis.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mematangkan konsep operasi penyekatan.

Meski demikian, dia pun tak melarang masyarakat melakukan mudik lokal di dalam provinsi Sumsel pada libur lebaran tahun ini.

"Kami juga akan berjaga di pintu tol Lampung-Palembang.

Mau Anak Cepat Gemuk? Berikan 6 Jenis Makanan Ini, Rasanya Enak dan Mudah Ditemukan

Kami memiliki strategi tersendiri dalam penjagaan sehingga dipastikan tidak ada kendaraan yang bebas masuk saat larangan mudik dilaksanakan," kata Ari.

Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved