Breaking News:

Aplikasi Lancang Kuning Tangkap Titik Api Di Lubuklinggau, Setelah Dicek Ternyata Warga Bakar Sampah

"Saya juga sudah menyampaikan kepada seluruh Danramil agar mulai gencar sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,"

tribunsumsel/eko
Suasana BPBD Kota Lubuklinggau memadamkan api kebakaran lahan, Rabu (7/4/2021) kemarin.  

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Akhir-akhir ini warga Kabupaten Musi Rawas (Mura), kota Lubuklinggau, dan Musi Rawas Utara (Muratara) mulai membuka lahan dengan cara membakar.

Hal tersebut terjadi seiring memasuki musim kemarau dan banyak ditemukannnya bekas tumpukan sampah bekas pembakaran oleh anggota Kodim 0406 MLM saat melakukan patroli.

Dandim 0406 MLM Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Erwinsyah Taufan tidak menampik, namun, ia memastikan jika di wilayah hukumnya belum ada warga yang sengaja membakar lahan.

KNPI Banyuasin Gelar Tabligh Akbar dan Zikir Bersama

"Untuk karhutla kita lihat dari aplikasi Lancang Kuning belum ada titik api yang membahayakan. Kalau membakar sampah, membakar ban itu termonitor, tapi untuk karhutla belum," katanya pada wartawan, Kamis (8/4/2021).

Ia mengakui sejauh ini di Kabupaten Mura, Lubuklinggau, dan Muratara memang ada titik api.

Namun, ketika dicek di lapangan, hanya bekas masyarakat membakar sampah dalam rangka membuka kebun dan itu hanya sedikit.

"Kemarin kita sudah mendapat dokumentasinya dan kita sudah memerintahkan bhabinkamtibmas untuk mengeceknya.

Saya juga sudah menyampaikan kepada seluruh Danramil agar mulai gencar sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Termasuk Kodim 0406 MLM juga sudah memasang sepanduk berupa imbauan dan ajakan agar tidak membakar lahan baik dipasang di tempat umum maupun di pinggiran desa-desa.

Fajar Hidayatullah si Ujang Rambo di Preman Pensiun Season 5, Ternyata Memang Mantan Preman Jalanan

"Kepada masing-masing pemerintah daerah baik Muratara maupun Mura akan kita ajak juga memasang imbauan, sehingga harapannya sosialisasi ini baik secara langsung melalui tokoh masyarakat dan agama bisa tersampaikan," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved