Breaking News:

Berita OKU

Akan Turunkan Kepercayaan Publik, Jika Johan Anuar Terdakwa Dugaan Korupsi Diusulkan Jadi Bupati OKU

Wakil Bupati OKU, Johan Anuar diusulkan oleh DPRD OKU menjadi Bupati OKU, mengantikan Kuryana Azis karena meninggal dunia.

Editor: Yandi Triansyah
chairul Nisyah
DIGIRING : Johan Anuar saat digiring petugas KPK ke Rutan Klas 1 Palembang, sekira Pukul 11.00 wib, Selasa (15/12/2020). (SRIPOKU.COM/CHAIRUL NISYAH) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Wakil Bupati OKU, Johan Anuar diusulkan oleh DPRD OKU menjadi Bupati OKU, mengantikan Kuryana Azis karena meninggal dunia.

Namun saat ini, Johan Anuar tengah ditahan akibat kasus yang sedang dihadapinya yakni dugaan korupsi lahan kuburan di Kabupaten OKU.

Penunjukan Johan Anuar sebagai Bupati OKU akan menurunkan kepercayaan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Ahli Hukum Administrasi Negara Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Ridwan SH MHum.

Menurut dia, kebijakan itu dinilai akan menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga eksekutif dan legislatif setempat.

"Kalau secara etika dan norma, maupun kepantasan yang pasti kepercayaan masyarakat akan turun terhadap pemerintahan dan DPRD, harusnya ditahan dulu hingga ada keputusan final pengadilan soal status Johan," kata Ridwan, Selasa (23/3/2021).

Menurut Ridwan, roda pemerintahan daerah memang harus tetap berjalan efektif, tetapi kalau orangannya (kepala daerahnya) statusnya terdakwa dan ditahan, jelas hal itu tidak bisa menjalankan roda pemerintahan.

"Kemudian juga dari status hukumnya belum jelas (Johan), artinya untuk masalah ini perlu kecermatan apakah tidak ada cara lainnya," ujar Ridwan.

Ditambahkan Lektor Kepala Fakultas Hukum Unsri ini, pertanyaan kedepan siapa yang akan mengangkat Wabup yang ditahan itu, jika usulan DPRD itu jalan terus.

"Saya rasa Kementerian Dalam Negeri akan hati- hati. Apalagi kita tahu kasus yang ditangani KPK itu tidak mudah dan bukan nahan-nahan orang saja, tapi saya rasa ada jalan terbaik seperti untuk menjalankan roda pemerintahan daerah tetap efektif dengan penunjukkan Plh dan sebagainya. Termasuk juga, bagaimana konsultasi DPRD OKU dengan Gubernur Sumsel dan Kemendagri untuk jalan tengahnya ke depan," tandas Ridwan.

Sebelumnya, DPRD OKU resmi mengusulkan Wabup Johan Anuar yang berstatus terdakwa dan ditahan atas kasus korupsi tanah kuburan, menjadi Bupati menggantikan almarhum Kuryana Azis yang meninggal dunia pada awal Maret lalu.

Usulan sidang ini dibahas dalam sidang paripurna DPRD OKU dengan agenda usulan pemberhentian Bupati karena meninggal dunia, dan usul penetapan wakil bupati menjadi Bupati.

Johan Anuar Tiba-tiba Menangis saat Jalani Sidang Korupsi Lahan Kuburan, Berulang Kali Usap Air Mata

Johan Anuar Diusulkan Jadi Bupati OKU, Gubernur Sumsel Herman Deru : Apa sih yang Diminta DPRD OKU

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved