Breaking News:

Vaksin Covid 19

Bulan Mei 2021 Vaksinasi MasyarakatUmum, Setelah Lanjut Usia Selesai

Kementerian Kesehatan memperkirakan vaksinasi masyarakat dilakukan pada bulan Mei 2021, setelah lanjut usia selesai.

Shutterstock
vaksinasi 

SRIPOKU.COM --- Kementerian Kesehatan memperkirakan untuk masyarakat umumakan menjalani vaksinasi Covid-19 paling pada bulan Mei 2021. Namun pelaksanaannya akan tergantung pada ketersediaan vaksin.

"Masyakaratumum paling cepatbulan Mei dan Juni, setelah vaksinasi seluruh lansia di atas 60 tahun dan pemberi pelayanan publik karena ada 38 juta sasaran untuk tahap kedua ini," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi dalam diskusi virtual, Jumat (19/03/2021).

Rencanater sebut mulur dari jadwal yang disusun pemerintah dimana masyarakat umum ditargetkan menerima suntikan vaksin Covid-19 pada April 2021.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air sangat tergantung dengan ketersediaan vaksin. Saat ini saja, baru ada 12 juta vaksin yang didistribusikan keseluruh daerah.

Baca juga: MUI: Vaksinasi Covid-19 tidak Membatalkan Puasa, Bagaimana Proses Vaksinasi di Sumsel Ramadhan Nanti

Baca juga: SIMPATISAN NEKAT Datangi Sidang Rizieq Shihab, 1 Reaktif Covid-19, 39 Dibawa ke Kantor Polisi

"Saat ini semua proses vaksinasi masih fokus pada sasaran tahap kedua yakni lansia dan petugas pelayanan publik," ujarnya.

Nadia mengatakan, pemerintah terus mengupayakan vaksin Covid-19 yang dipesan melalui jalur bilateral maupun multirateral dapat tiba 2021. Ada 81 jutadosis vaksin yang dijadwalkan tiba pada 2022.

Percepatan kedatanganj utaan vaksin di Indonesia ini diharapkan mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang ditargetkan rampung selama 12 bulan.

Baca juga: Naikkan Iuran di Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Tak Punya Sense of Crisis

"Kita masih punya pekerjaan rumah ini bagaimana sekitar 81 juta dosis vaksin yang masih akan kita terima pada triwulan kedua 2022 sebisa mungkin kita geser priode sampai dengan Desember 2021," ujarnya dalam diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

Tahapan pelaksanaan vaksinasi  Corona tertuang dalam Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Ada empat tahapan vaksinasi yang disesuaikan dengan target penerimanya.

Tahap pertama, berlangsung Januari-Februari 2021menyasar tenaga kesehatan.

Tahap kedua, pada Maret-April 2021 menyasar petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia.

Tahap ketiga, pada April 2021-Maret 2022, vaksinasi bagi masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, dan

Tahap keempat, pada April 2021-Maret 2022, vaksinasi pada masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaanvaksin.****

Penulis: Tribun Network/RinaAyu/sam

Editor: Sutrisman Dinah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved