Breaking News:

Kudeta Militer Myanmar

TAK Tahan Lagi Tindas Rakyat Sendiri, Tentara Myanmar Pilih Lari ke India

Ini setelah diketahui adanya tiga anggota tentara Myanmar uang memilih minggat ke India, daripada menuruti perintah junta militer.

net/kolase/Twitter
SOSOK Angel Gadis 19 Tahun Tewas Ditembak Junta Militer Myanmar, Anak Tunggal Gugur demi Demokrasi. Aksi Kyal Sin atau Angel gadis 19 tahun tewas dalam sebuah aksi damai menentang kudeta Myanmar. 

SRIPOKU.COM, MYANMAR--Di tengah makin membesarnya aksi demonstrasi anti-kudeta oleh militer Myanmar, pemerintah junta militer dikejutkan dengan mulai munculnya gerakan anti-kudeta di tubuh militer sendiri.

Ini setelah diketahui adanya tiga anggota tentara Myanmar uang memilih minggat ke India, daripada menuruti perintah junta militer.

Ketiganya disebut melintas Vanlaiphai Utara menunju Negara Bagian Mizora pada Rabu sore waktu setempat (3/3/2021).
Pejabat di Kepolisian Distrik Serchhip menyatakan, pemerintah lokal memeriksa kesehatan dan mengatur pertemuan dengan mereka.

Pengawas Stephen Lalrinawma kepada Reuters menerangkan, ketiga tentara itu meninggalkan Myanmar karena junta militer berkuasa.

"Mereka mengatakan mendapat instruksi yang tak bisa dipatuhi. Jadi, mereka memutuskan mengungsi," ujar Lalrinawma.
Dilansir Channel News Asia Kamis (4/3/2021), India berbagi perbatasan sepanjang 1.654 kilometer dengan Myanmar. Negara yang terkenal karena film Bollywood itu sudah menjadi rumah bagi sejumlah pengungsi yang datang dari tetangga.

Termasuk di antaranya adalah etnis Chin dan Rohingya yang mengungsi pada 2017, buntut operasi yang dilakukan Tatmadaw, kantor militer Myanmar. Pada 1 Februari, Tatmadaw melakukan kudeta dengan mengambil alih pemerintahan dan menangkap sejumlah tokoh politik.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sriwijayapost di bawah ini:

Di antaranya adalah pemimpin de facto Aung San Suu Kyi, yang dijerat dengan tiga dakwaan, salah satunya adalah kepemilikan walkie talkie.

Junta mengatakan, mereka menerapkan keadaan darurat selama setahun, dan menjanjikan akan menggelar pemilu ulang. Mereka menuding Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Aung San Suu Kyi melakukan kecurangan dalam pemilu November 2020.

Saat itu, NLD dilaporkan mendapat lebih dari 80 persen kemenangan dalam pemilu, dan membuat oposisi yang disokong militer meradang.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Tiga Tentara Myanmar Pilih Minggat ke India, Ogah Ikuti Perintah Junta Militer, https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/04/tiga-tentara-myanmar-pilih-minggat-ke-india-ogah-ikuti-perintah-junta-militer.

Editor: Suyanto

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Editor: Wiedarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved